Aneka Pizza Unik Kreasi Chef Sugih

Hidup di pedalaman bikin gue gak bisa ngerasain apa yang orang kota bisa nikmatin. Salah satu misalnya adalah ngenikmatin makanan cepat saji (fast food) kaya hamburger, lasagna, spageti, kebab, dan pizza. Dulu selama zaman gue masih sekolah di Bogor dari kecil gue suka banget makan pizza tiap kali dibeliin sama bokap. Biasanya bokap ngebeliin pizza pas kami sekeluarga jalan-jalan mengisi liburan ke Taman Safari, Puncak, Dufan, Ancol, Taman Mini,  dll (dan lupa lagi, pemirsa). Gue selalu inget bokap gak pernah absen ngebeliin pizza tiap kali kami sekeluarga pergi jalan-jalan bersama. Meskipun banyak sodara gue yang gak terlalu doyan makan pizza cuma gara-gara toppingnya yang agak lengket dan sering bikin mereka muntah, akhirnya cuma gue yang selalu ketagihan. Sekarang kalo gue makan pizza, gue selalu inget kenangan jalan-jalan sama almarhum bokap. Rasanya sering sedih tiap kali inget semua kenangan itu.

Selain pizza, gue juga hobby banget makan burger. Walaupun kata nyokap masakan di rumah jauh lebih menyehatkan ketimbang fast food yang dijual di pinggir jalan. Kebanyakan fast food di pinggir jalan memang kurang higienis dan terlalu banyak mengandung zat pengawet. Jadinya semua makanan itu malah tergolong junk food alias makanan sampah. Parahnya junk food bisa menimbulkan berbagai penyakit karena terlalu banyak mengandung kolesterol.

Semenjak tinggal di daerah pedalaman gue gak pernah lagi bisa makan pizza ataupun burger. Alhasil gue cuman bisa ngiler tiap kali ngeliat iklannya di tv. Gue juga ngerasa prihatin sama murid-murid gue kalo pas gue ngajar Bahasa Inggris. Masalahnya sering banget muncul percakapan di buku yang temanya soal makanan. “What kind of food do you like? Do you like pizza, hotdog, or hamburger?” (Makanan seperti apa yang kamu suka? Apakah kamu suka pizza, hotdog, atau hamburger?). Murid-murid gue cuma bisa bengong tiap kali ketemu dialog model gitu di buku. Soalnya mereka belum pernah ngerasain kaya apa rasanya burger sama pizza. Kesannya pizza & burger adalah makanan mewah yang cuma bisa dinikmatin sama orang kota. Boro-boro pizza, bisa makan bakso aja dah syukur.

Berbekal keterampilan memasak yang gue punya, pas nyokap buka kafe baru  bulan kemaren, gue berinisiatif buat ngenalin aneka western food ke masyarakat di kampung gue. Kalo nyokap cuma bikin masakan Indonesia kaya soto ayam Bogor, pempek Palembang, Gado-gado Betawi, nasi goreng spesial, asinan Bogor dan lain sebagainya, gue melengkapinya dengan menu burger, pizza, kebab, dan sosis bakar. Semua diolah dengan tangan gue sendiri. Tentunya dijamin higienis karena gak pake zat-zat yang aneh-aneh.

Baru hari pertama kafe nyokap dibuka, antrean pembeli langsung membludak. Soalnya pas hari itu gue gencar banget ngepromosiin ke semua orang di sekitar gue. Termasuk semua kontak yang ada di hp. Alhamdulillah, respon masyarakat soal pizza yang gue bikin jadi trending topic orang sekampung. Banyak dari pembeli yang tersenyum sumringah karena baru pada tahu yang namanya pizza. “Oh, jadi ini yang namanya pizza toh? Enak juga ya!”, “Wah asyik, kita gak perlu turun ke kota lagi buat beli pizza!”, “Mantap deh meskipun ini di kampung tapi menu yang ada di kafe ini internasional banget! Bisa bikin sushi sama bulgogi nggak?” Ada kepuasan tersendiri waktu gue ngeliat ekspresi para pembeli. Lucunya di kampung gue sebenarnya banyak banget pendatang dari Pulau Jawa, tapi mereka pada nggak tau sama yang namanya pizza dan burger. “Pizza? Apa itu pizza? Sejenis rendang atau supkah? Burger itu bubur seger yak?” #Gubrak! *nih orang habis semedi di dalam goa kali ya?*

Nah, supaya pizza diminati para pembeli selain toppingnya harus enak dan gurih, bentuk-bentuk pizza juga harus dibuat seunik mungkin supaya minat konsumen lebih besar dan menggugah selera makan. Pizza yang gue bikin bahannya mudah didapat dan harga jualnya pas dengan kantong anak kos-kosan. Pemirsa mau nyoba bikin sendiri? Berhubung gue bukan orang pelit, nih gue kasih deh resepnya. Silakan disimak ya…

Beberapa pizza unik kreasi gue sebelum dipanggang :

Pizza Sakura buat pengagum keindahan negara Jepang.

image

Pizza Romantis buat pasangan yang lagi dimabuk cinta.

image

Pizza Bintang buat anak-anak yang memiliki cita-cita tinggi.

image

Butterfly Pizza buat pecinta keindahan
image

Pizza bundar untuk orang yang menyukai kesederhanaan
image

Ordinary pizza satu untuk kebersamaan
image

Sunflower pizza untuk hari yang selalu ceria
image

Resep Pizza Unik

Bahan adonan :
-Tepung terigu 400 gram
-Telur ayam 1 butir
-Mentega 3 sdm
-Minyak goreng 3 sdm
-Fermipan (ragi instan) 40 gram
-Air susu hangat 1 gelas

Cara membuat adonan :
1. Campurkan semua bahan di atas dalam sebuah baskom.
2. Aduk rata, lalu masukkan air susu hangat dan campurkan kembali hingga adonan menyatu menyeluruh.
3. Bila adonan sudah kalis dan tidak lengket di tangan, gumpalkan adonan menjadi satu bulatan penuh! Lalu tutuplah baskom dengan kain serbet bersih selama minimal 15 menit agar adonan mengembang.
4. Sementara adonan didiamkan, siapkan bahan tumisan untuk topping.

Bahan topping :
-Bawang bombay setengah siung, cincang halus;
-Cabe hijau 3 buah, iris menyerong;
-Bawang bakung 2 batang, iris tipis;
-Telur ayam 1 butir, kocok hingga putih dan kuning telur merata;
-Sosis daging ayam/sapi 4 buah, iris menyerong. Selain sosis bisa juga memakai jamur kancing yang diiris tidak terlalu tebal;
-Tomat 3 buah, cincang halus;
-Paprika 1 buah, iris memanjang 2 cm. Bila tidak ada paprika bisa diganti dengan satu buah jagung manis, preteli jagung dan buang batangnya.
-Daging ayam 300 gram, goreng kemudian cincang dadu atau potong suwir-suwir. Bisa juga memakai daging kornet untuk penyuka daging sapi;
-Gula pasir secukupnya;
-Bumbu penyedap Royco/Masako secukupnya.

Cara membuat topping :
1. Tumis bawang bombay hingga harum.
2. Masukkan cabe hijau, bawang bakung, tomat, sosis, telur, daging, dan sayuran lainnya.
3. Bubuhi gula pasir dan bumbu penyedap, aduk hingga tumisan terasa gurih dan aromanya tercium harum.

Bahan pelengkap pizza :
-Keju parut secukupnya;
-Saus tomat/saus pedas (sesuai selera), bisa juga menggunakan mayonaise untuk menciptakan rasa yang berbeda.

Cara membuat pizza :
1. Ambil adonan sebanyak kepalan tangan, pipihkan di atas teflon.
2. Cetak adonan sesuai bentuk yang diinginkan. Misalnya bentuk hati, bintang, bunga, lingkaran, lingkaran bergerigi, dan lain sebagainya. Berikan batas tepian sedikit lebih tebal/tinggi daripada bagian tengahnya.
3. Oleskan mayonaise atau saus ke atas adonan yang telah dipipihkan dan dibentuk sesuai keinginan. Pastikan olesannya merata!
4. Tuangkan topping yang telah ditumis ke atas adonan yang telah dilumuri mayonaise/saus.
5. Ratakan topping di atas permukaan pizza.
6. Tuangkan saus sekali lagi di atas topping!
7. Taburkan irisan keju atau keju yang telah diparut!
8. Panggang dalam keadaan tertutup rapat di atas kompor dengan nyala api kecil selama kurang-lebih 5 menit.
9. Tusuk dengan garpu untuk memastikan kematangannya! Bila adonan tidak melekat pada garpu, berarti pizza sudah matang. Pastikan pizza tidak gosong dan mudah diangkat dari teflon!

Pizza siap disantap!^^  Satu adonan di atas dapat disajikan hingga 5 porsi (5 teflon). Selamat mencoba ya…

Postingan selanjutnya gue kasih resep kebab super, mayonaise lemon, dan cara bikin sosis home made. Jangan lewatkan!

My Flight to Java Island

image

Akhirnya di sinilah aku berada sekarang, di tanah kelahiranku Bogor. Setelah tujuh tahun lamanya tidak mengunjungi nenek, bibi, paman, dan keluarga besarku lainnya berhasil memecahkan rasa rindu yang membuncah selama ini. Tujuh tahun lamanya aku terkurung kesunyian di Pulau Kalimantan yang sepi sejak kepulangan terakhirku pada 2008. Bagai seorang pertapa di tengah hutan yang menuntut ilmu tinggi. Dan sekalinya aku kembali ke tengah-tengah keramaian, aku bagai orang katrok yang tidak pernah menjamah kota besar. Benar, aku telah menjadi ‘wong ndeso’ yang begitu polosnya mengamati hiruk-pikuk kegiatan orang-orang kota. Bahkan saat aku akan menyebrang jalan raya sekalipun, alamak… “AKU TAKUT MENYEBRANG… PAK POLISI TOLOOOONG DONG!”

 

Perjalananku menuju Pulau Jawa berawal tanggal 1 Maret 2015 silam. Dari Desa Bangun Jaya (rumahku) aku berangkat menaiki travel ke Pangkalan Bun dengan biaya Rp150.000,00. Biaya yang cukup mahal bukan? Padahal kalau kita naik bis dari Pangkalan Bun ke Palangka Raya yang jaraknya mencapai 5 kali lipat jarak yang kutempuh (Bangun Jaya-Pangkalan Bun), ongkosnya hanya Rp100.000,00. Lalu apa yang menyebabkan ongkos travel yang kunaiki begitu mahal? Sampai saat ini akupun belum mengetahuinya dengan pasti. Dugaanku barangkali agar para pengusaha travel di tempatku cepat kaya. Atau mungkin karena tingkat pendapatan penduduk di desaku sudah lumayan tinggi sehingga para pengusaha travel memanfaatkan situasi ini. Well, lanjut ke perjalanan, ternyata tidak ada penumpang lain selain aku. Supir travel sengaja memilih jalan lintas Kotawaringin Lama yang sebenarnya masih belum diaspal dengan tujuan menghemat waktu. Padahal jalan lintas Lamandau jauh lebih baik selain aspalnya mulus, pemandangan sepanjang perjalanan pun sangat indah dan segar. Banyak bukit batu yang tertata sangat rapi dan unik membuat kita ingin berfoto ria di sana. Akh, mari kita lupakan pemandangan indah! Pada malam sebelum keberangkatanku menuju Pangkalan Bun, desaku dilanda hujan. Tidak terlalu deras memang, namun sangat fatal akibatnya. Apa pasal? Jalan lintas Kotawaringin Lama yang kutempuh berhasil menjebakku dalam kemacetan! Waduh… bisa mengantri berjam-jam nih! Karena jalan lintas Kotawaringin Lama belum diaspal, otomatis hujan semalam membuat jalanan menjadi kubangan lumpur yang siap menelan kendaraan-kendaraan yang melintasinya. Antrean panjang kemacetan pun sempat membuatku jenuh. Beruntung, mobil terdepan yang terjebak lumpur (baca : KEPLATER) berhasil diselamatkan nyawanya (emangnya orang?). Begitu kami terbebas dari antrean panjang mobil travel yang kunaiki langsung melesat kencang. Alhamdulillah, aku selamat sampai di Pangkalan Bun.

image

Sebelum berhenti di hotel tempatku bermalam, karena aku akan mengikuti penerbangan keesokan harinya (2 Maret 2015) terlebih dahulu om supir travel (aku biasa memanggilnya Om, biar kelihatan muda terus 😀 ) membawaku ke agen di mana aku telah membooking tiket penerbangan yang akan kunaiki. Aku membooking tiket pesawat Trigana tujuan Cengkareng seharga Rp570.000,00. Tiket ini telah kubooking satu hari sebelumnya (28 Februari 2015). Wow, murah sekali. Bandingkan jika aku harus membeli tiket kapal laut tujuan Semarang, Rp400.000,00! Mana yang akan pembaca pilih? Alasanku memilih pesawat Trigana adalah ingin mencobanya (dasar katrok, kan? 😀 ), berhubung aku sudah cukup sering menaiki pesawat Kalstar dan kebetulan pada saat itu harga tiket Kalstar sedang tinggi Rp1.130.000,00 dengan jadwal penerbangan yang sama. Oke, setelah transaksi pembayaran tiket selesai, aku dan om supir travel melanjutkan perjalanan ke Hotel Abadi tempatku menginap. Just for information biaya menginap di hotel ini berkisar antara Rp165.000,00-Rp200.000,00 permalam dengan fasilitas standar layaknya hotel pada umumnya. Relatif murah kan?

image

Mumpung masih di Pangkalan Bun, aku tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk membeli oleh-oleh. Pamanku yang tinggal di Bogor memesan batu permata kecubung yang belum diolah. Heran, mengapa batu permata sedang menjadi trend terutama orang-orang di Pulau Jawa? Tidak sulit bagiku mendapatkan batu kecubung itu, karena daerahku merupakan tempat penghasilnya. Satu kilogram batu kecubung ungu dihargai Rp200.000,00-Rp300.000,00. Sedangkan batu kecubung putih dihargai Rp150.000,00 perkilogramnya. Usai membeli batu, akupun mencari oleh-oleh lainnya untuk nenek. Akhirnya aku mendapatkan beberapa penganan khas Kalimantan Tengah : kerupuk ikan, amplang dengan berbagai rasa ikan (haruan/gabus, tenggiri, dan belida), keripik buah naga, dan chestick rasa ikan. Wah, satu dus penuh hanya berisi oleh-oleh, semoga tidak over bagasi di bandara.

 
image

Sayang cuaca di Pangkalan Bun sedang tidak bersahabat, sehingga membuatku tidak leluasa menikmati tamasya di dalam kota. Sepanjang hari hingga malam aku terpekur di dalam hotel, berselancar di internet via ponsel, sambil menonton televisi. Begitu pagi menjelang aku segera mencari ojek untuk berangkat menuju bandara. Karena penerbanganku tepat pukul 7 pagi. Kali ini aku harus mengocek Rp30.000,00. Sebenarnya sih Rp25.000,00, tapi sisa kembaliannya dibawa kabur oleh tukang ojek (hadeuh, pasti rezeki tukang ojek itu nanti menjadi tidak halal). Segera aku menuju antrian calon penumpang yang sedang memasuki pintu pemeriksaan. Ternyata oh ternyata, sudah seminggu ini pesawat Trigana delay terbang dikarenakan suatu alasan yang tidak diketahui dengan jelas. Ngakunya sih sedang reschedule, tapi entahlah. Beruntung ya bandaranya tidak menjadi sasaran amukan massa seperti kasus Lion Air di Jakarta. Singkat cerita, rupanya aku telah memasuki antrean yang salah. Antrean itu adalah khusus calon penumpang pesawat Kalstar dengan tujuan Semarang. Dan, aku tidak mendapatkan sama sekali calon penumpang pesawat yang sama denganku. Hey… ada apa ini? Apa aku sudah ketinggalan pesawat? Buru-buru aku segera menghampiri loket reservasi Trigana Air. Dan di sana kudapati sekelompok bapak yang sedang komplain kepada petugas ticketing. Mereka menuntut agar mereka dapat terbang pada hari itu juga (2 Maret 2015). Berhubung aku enggan untuk kembali ke hotel, aku turut bergabung dengan kelompok bapak-bapak itu. Dengan sangat memaksa kami meminta agar kami dialihkan ke pesawat lain dengan penerbangan yang terjadwal pada hari itu. Alhasil hanya dalam waktu 30 menit, kami berhasil mendapatkan tiket Kalstar yang akan terbang pada pukul 1 siang. Tentu saja tanpa menambah biaya yang kurang mengingat mahalnya harga tiket Kalstar. Lucky me, akhirnya aku bisa bertemu pramugari-pramugari cantik pesawat Kalstar lagi. Hehehe… 😀

 

Menunggu hingga pukul 1 siang memang sangat membosankan. Terlebih Bandara Iskandar Pangkalan Bun sangat minim fasilitas. Jadi aku kurang menikmati suasana di bandara. Untunglah aku bertemu dengan calon penumpang yang mengalami kejadian sama denganku. Sebut saja Mr. X, karena kami tidak saling memperkenalkan diri. Ternyata dia berasal dari Bandung, otomatis kami langsung akrab dan mengobrol menggunakan Bahasa Sunda. Umurnya masih muda (23 tahun) dan cukup good-looking. Dari tiket yang diperolehnya ternyata dia duduk di deret bangku pesawat yang sama denganku. Persis di sebelahku. Waktu yang mempertemukan kami hanya beberapa jam membuat kami sangat akrab. Tiba-tiba seseorang datang menghampiriku dan menyapaku. Beliau adalah Bapak Leo, tetanggaku. Beliau baru saja tiba dari Semarang. Beliau bercerita kalau sebenarnya beliau seharusnya menaiki pesawat Trigana pada dua hari yang lalu. Namun lagi-lagi terjadi kasus yang sama di Semarang. Penerbangan Trigana terpaksa delay hingga beberapa hari kemudian. Padahal beliau harus terbang pada hari keberangkatan tersebut. Dengan sangat terpaksa beliau turut mengikuti para calon penumpang lainnya di Semarang. Yakni meminta uang mereka kembali dan membeli tiket pesawat lain dengan harga yang relatif lebih mahal. Otomatis Bapak Leo harus menambah biaya Rp300.000,00 untuk membeli tiket pesawat Kalstar yang akan dinaikinya. Kasus yang sama denganku namun berbeda penanggulangan. Dari pengalaman yang baru saja kualami dan kuceritakan kepada Bapak Leo, beliau menarik kesimpulan bahwa pengalaman itu sangat mahal harganya. Pengalamanku dapat dijadikan contoh oleh beliau bila suatu saat beliau mengalami kasus pesawat delay lagi.

 
image

Sedang asyik-asyiknya mengobrol, kami mendengar panggilan di pengeras suara yang meminta para calon penumpang pesawat Kalstar untuk segera memasuki ruang tunggu. Selang setengah jam kemudian pesawat yang kami tunggu tiba tepat pada waktunya. Aku dan teman seperjalanku yang berasal dari Bandung tadi sangat senang melihat pesawat datang. Kami pun sempat berselfie ria sebelum menaiki tangga pesawat. Haha… perhatian kami tersita setelah kami duduk dan mengencangkan sabuk pengaman oleh sejumlah pramugari cantik berpenampilan modis dan beraroma parfum yang sangat wangi. Lima menit kemudian pesawat pun lepas landas. Penerbangan kali ini sangat nyaman karena aku mendapat pengalaman berharga dan teman seperjalanan yang menyenangkan. Hanya dalam 70 menit pesawat pun mengudara. Pulau Jawa, aku kembali!

Berkunjung ke Istana Kuning Pangkalan Bun

image

“Tidak ada kejayaan yang abadi, dan tidak ada pula kekuasaan manusia yang Maha Tinggi!
Semua kejadian yang terdapat di muka bumi adalah tanda-tanda kebesaran Illahi!”

Jika Anda berkunjung ke Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat-Kalimantan Tengah, sempatkanlah untuk singgah sebentar di Istana Kuning! Istana kebanggaan masyarakat Kotawaringin Barat yang juga merupakan icon kota Pangkalan Bun. Dari luar bangunannya memang tidak terlihat seperti istana. Hanya tampak rumah panggung kayu biasa bergaya Melayu yang sangat kental. Namun siapa sangka kalau istana tersebut menyimpan beberapa keunikan yang akan saya bahas pada postingan saya kali ini. Sebelumnya saya sudah beberapa kali masuk ke dalam istana bersama murid-murid saya pada kegiatan study tour yang diselenggarakan oleh sekolah kami, SDN Bangun Jaya, setiap tahun. Untuk dapat masuk ke dalam istana kita harus memperoleh izin terlebih dahulu dari juru kunci istana yang sangat memahami seluk-beluk kronologi sejarah Kesultanan Kutaringin (Kotawaringin). Jika tidak, kita hanya dapat menikmati kemegahan istana dari sisi luarnya saja. Adapun akses masuk pintu istana menghadap ke arah barat dan selatan. Sebelum saya menceritakan mengenai keunikan Istana Kuning, terlebih dahulu saya akan memaparkan sedikit latar belakang sejarah berdirinya Kerajaan Kutaringin. Ingat, bila sejarah tidak pernah ada maka tidak akan pernah ada masa depan!

image

Istana Kuning tampak depan, gerbang barat.

image

Halaman Istana Kuning

image

Gazebo tempat para raja bersantai menikmati senja terbenam

image

Istana dari gerbang selatan

image

Senja dilihat dari gazebo halaman istana (posisi istana di atas bukit)

image

Gong naga

Sejarah berdirinya Kesultanan Kutaringin
Menelusuri sejarah berdirinya Kesultanan Kutaringin, tidak bisa terlepas dari sejarah Kerajaan Banjar (Kalimantan Selatan). Karena hubungan antara Kerajaan Banjar sangatlah erat mengingat di antara para penguasanya memang bersaudara. Namun dalam hal kedudukan hampir semua raja dari Kerajaan Kutaringin tetap menggunakan gelar ‘pangeran’ ketika berhubungan dengan raja dari Kerajaan Banjar. Mereka hanya menggunakan gelar ‘sultan’ untuk urusan internal birokrasi di Kerajaan Kutaringin atau ketika melakukan hubungan dengan kerajaan lain selain Kerajaan Banjar. Hal ini merupakan simbol bahwa raja-raja dari Kerajaan Kutaringin menempatkan dirinya sebagai raja muda dan menganggap raja-raja di Kerajaan Banjar sebagai saudara tua.

Pangeran Samudra bergelar “Sultan Suriansyah” sebagai raja pertama Kerajaan Banjar dengan pusat pemerintahan di Bandarmasih (Banjarmasin) digantikan putranya Sultan Rahmatullah bin Sultan Suriansyah sebagai raja ke-2. Sultan Rahmatullah digantikan putranya Sultan Hidayatullah I bin Sultan Rahmatullah sebagai raja ke-3. Trah keturunan Sultan Hidayatullah I menjadi Datu Taliwang dan sultan-sultan Sumbawa. Eits, Datu Taliwang? Namanya kok mirip dengan ‘ayam taliwang’ makanan khas Nusa Tenggara Barat yang terkenal lezat itu ya? Hmm, jadi lapar…  😀

Sultan Musta’inubillah bin Sultan Hidayatullah I menjadi Raja Banjar ke-4 dengan memindahkan pusat pemerintahan ke Martapura. Keturunan Sultan Musta’inubillah menjadi raja-raja di Banjarmasin dan Kutaringin. Berangkat dari sinilah Kesultanan Kutaringin bermula. Raja pertama kesultanan ini adalah Pangeran Adipati Antakusuma (1679-1696). Beliau mendirikan kerajaannya di wilayah Kuta Beringin pada tahun 1679 yang sekarang menjadi Kotawaringin Lama. Namun pada masa kepemimpinan Pangeran Ratu Muhammad Imanuddin (1805-1841) raja ke-9 Kesultanan Kutaringin, ibukota pemerintahan dipindahkan ke Pongkalan Bu’un (Pangkalan Bun). Di kota inilah akhirnya didirikan Istana Kuning sebagai keraton kesultanan yang baru. Nama resminya adalah Istana Indrasari Keraton Lawang Kuning Bukit Indra Kencana. Konon istana ini sempat mengalami kebakaran dan direkonstruksi seperti aslinya. Nah, pembaca pasti penasaran kan keunikan apa saja yang terdapat di area istana ini? Simak ya…

Pohon keramat

image

Mungkin ini janggal! Bagaimana mungkin sebatang pohon kelapa sawit dapat hidup selama puluhan tahun lamanya dalam keadaan terbelit oleh akar pohon beringin. Dan hingga kini kedua pohon tersebut hidup berdampingan di halaman istana selayaknya pasangan yang penuh kemesraan. Subhanallah! Itulah tanda-tanda kekuasaan Allah swt agar kita senantiasa hidup rukun dan damai seperti kedua tanaman ini.

Tiang Sangga Buana

image

Bukan tiang sembarang tiang. Tiang ini dipancangkan sejak Istana Indrasari Keraton Lawang Kuning Bukit Indra Kencana didirikan di Pangkalan Bun tepat pada tanggal 9 Jumadil Awal 1806 Masehi. Tiang setinggi sepuluh meter ini terbuat dari kayu ulin asli. Kayu ulin terkenal dengan sebutan kayu besi. Kayu ini awet ratusan lamanya. Bila terkena air kayu ini tidak akan pernah lapuk, justru sebaliknya ia malah semakin kuat laksana besi. Sayangnya tanaman kayu jenis ini sudah sangat langka keberadaannya di Pulau Kalimantan. Oleh karena itu tanaman ulin dilindungi oleh undang-undang pemerintah. Meskipun Istana Kuning sempat mengalami kebakaran namun tiang ini masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Benda-benda pusaka peninggalan kerajaan

image

Kereta kencana

image

Keris pusaka kerajaan

image

Tombak dan trisula

image

Piring dan peralatan makan keluarga kerajaan

image

Pakaian kebesaran raja dan ratu

Menilik jauh ke dalam istana, di sana terdapat dua bangsal luas nan lapang berisi sejumlah peninggalan-peninggalan para raja seperti kereta kencana, senjata tradisional, bendera pusaka kerajaan, pakaian kebesaran para raja dan ratu, piring dan peralatan makan, guci-guci keramat hadiah dari para pelancong China yang kebetulan singgah di Pangkalan Bun pada masa pemerintahan kolonial Belanda, alat musik tradisional  dan masih banyak barang lainnya yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Semua benda pusaka tersebut masih terjaga dengan rapi di dalam istana dan dirawat dengan baik. Melihat isi istana bagaikan sedang mengunjungi sebuah museum peninggalan kerajaan tua.

Kembaran Lukisan Monalisa

image

image

image

image

image

image

image

image

Lukisan Pangeran Penghulu yang dijuluki Si Pahit Lidah

image

image

image

Ini dia kembarannya Monalisa yang membuatku merinding

Di antara semua benda pusaka yang terdapat di dalam istana, lukisan para raja Kesultanan Kutaringin-lah yang menarik perhatian saya. Terutama lukisan Pangeran Panembahan Anum. Beliau memimpin Kerajaan Kutaringin pada tahun 1711-1731. Yang membuat lukisan ini menarik adalah ternyata lukisan ini merupakan ‘saudara kembar’ lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci yang terkenal itu. Mata Pangeran Panembahan Anum dalam lukisan berhasil membuat tubuh saya merinding dan memandang takjub. Bagaimana tidak, ke manapun saya melangkah di dalam istana bola mata dalam lukisan tersebut seakan-akan sedang mengawasi saya. Kedua bola mata dalam lukisan itu seakan turut mengikuti langkah kaki saya. Saya bergerak ke kanan mereka melirik ke kanan, saya bergerak ke kiri mereka ikut melirik ke kiri. Bahkan saya jongkok di depan lukisan itu pun, kedua matanya turut menukik ke bawah melihat pantat saya. Heran deh, hadeuh… hadeuh… apa tidak juling ya itu mata? Saking penasarannya saya terus mengusik lukisan tersebut dengan cara berjalan bolak-balik di depan lukisan itu. Hasilnya jantung saya mau copot dibuatnya. Seolah terdapat penunggunya di dalam lukisan itu. Konon semasa hidupnya, Pangeran Panembahan memang dikaruniai penglihatan yang sangat tajam. Beliau dapat melihat kejadian-kejadian yang tidak dapat dilihat oleh manusia biasa pada umumnya. Berdasarkan penuturan juru kunci yang memandu saya dan murid-murid saat melakukan study tour di dalam istana, hampir semua raja Kutaringin memiliki kelebihan yang luar biasa dahsyatnya. Sebagai contoh Pangeran Penghulu raja Kutaringin ke-6 yang memimpin pada 1770-1778 memiliki julukan ‘Si Pahit Lidah’ karena setiap perkataannya sering menjadi nyata. Sayangnya beliau terpaksa mengorbankan dirinya sendiri karena takut semakin banyak jatuh korban akibat sumpah yang sering diucapkannya.

Pasak bekas kebakaran

image

Pasak tiang istana terdahulu menjadi benda yang sangat keramat. Setelah peristiwa kebakaran yang menimpa istana kuning, pasak tersebut tidak dicabut begitu saja dari tempatnya semula. Ternyata pasak tersebut telah merekat dengan tanah dan menyatu dengan bumi. Alhasil pasak tersebut dibiarkan begitu saja di bawah panggung istana yang direkonstruksi. Masyarakat Pangkalan Bun meyakini kalau di dalam pasak tersebut terdapat penunggunya, dan sering menjadi tamba bagi orang yang sakit.

Ruang meditasi para raja
Ruangan ini adalah ruangan sempit di lantai atas istana. Tangga untuk naiknya pun hanya setapak. Sebenarnya tempat ini merupakan tempat terlarang untuk dikunjungi dari bagian dalam istana. Dahulu ruangan ini merupakan tempat khusus para raja menunaikan shalat, beritikaf, dan bermeditasi. Bila kita ingin melihat ruangan ini, kita tidak diperkenankan membawa kamera untuk mengabadikannya. Konon gambar yang dihasilkan oleh kamera bisa menghilang secara ghaib. Sebelum kita menaiki tangga hendaklah membaca basmallah terlebih dahulu diiringi surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali. Kabarnya bila kita berdoa di ruangan ini, apapun yang menjadi hajat kita akan dikabulkan oleh Allah swt. Beruntung murid-murid saya berdoa meminta supaya mereka diluluskan dalam Ujian Nasional. Hasilnya mereka 100% lulus dengan nilai yang sangat memuaskan. Sedangkan saya berdoa meminta jodoh, kok belum dikabulkan juga ya? Whoa… hikz  T_T

Mungkin itulah sebagian cerita saya mengenai Istana Kuning Pangkalan Bun. Semoga apa yang saya ceritakan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya. Amin. Terima kasih atas kunjungannya ya…   Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Salam…

Foto-foto dulu sebelum pulang…

image

image

image

image

My Third Year in Borneo

image

This event has been a very long time ago, I will hardly remember when exactly. But I accidentally wrote back here just for the nostalgia even though without any  photos because I didn’t have a camera at the time. Understandably living in the rural areas, all completely within the limitations.

This incident took place at approximately the first quarter of 2006, second semester I taught at SMA Negeri 1 Balai Riam, or rather in its third year I lived in Borneo. I still remember clearly when it was Friday in which the activities in the school where I taught this very freely. Usually activities at school on Friday was limited to a healthy heart gymnastics, community service cleaning the school environment, and the specific subjects in each class. In short when I was filling the last hours in one class, one of the senior students of grade XII named Mispansyah, knocking on the door of the room where I was teaching.

“Excuse me Sir, you are asked by the people to go to Balai Riam now! We have two foreigners as our guests. But we don’t understand at all what they want,” said Mispansyah while struggling like he’s being chased by the ghost.

Because it happened when it was disbanded school hours, I immediately packed up and said goodbye to my students. Before I sat on the top of Mispansyah’s motorbike, some teachers, the co-worker expressed the same thing as what was conveyed by Mispansyah. “Hurry up Sir, you are being waited!” Said Mr. Jahrani,  our senior teacher.

Mispansyah immediately drove to
Mr Siong’s house, a resident whose
house used to be a shelter for the foreigners. I found them in the livingroom, we introduced ourselves each other. Apparently they were married couple named Sergey and Michelle. They came from Russia and doing hitchhiking. Initially I did not understand what was hitchhiking. But they kindly explain to me that they were traveling around the world just by walking and they asked for a ride to any rider who passed along the way. Wow, sounds interesting huh? It means they traveled the world for free. Then Sergey said that they went through 2/3 parts of the world. They had run out of water drink in the Kalahari desert of Africa, and ran out of food supplies in China’s Gobi desert, also became a captive in inland of Thailand. Until finally, they arrived in Indonesia. They even had Batam Island resident spotlight until in the paper. And Sergey showed me pieces of the newspaper article which ran a story about them for at Batam. If they understood the Indonesian language, they might be embarrassed or angry. Because the content of the article was the Batam resident judged them as beggars who wanted around the world for free and without bringing any money. (U_U)

The journey continued to Borneo after they managed to explore the island of Java. After taking the route Pangkalan Bun-Kudangan with riding a truck, they intended to continue the journey to Pontianak to extend the validity period of the visa. Unfortunately they should be kept up to Pontianak via Kudangan, but because of miscommunication between them and the truck driver did not speak English, the couple Sergey and Michelle brought to the truck drivers Balai Riam, subdistrict where I lived. Then finally I met them.

I was amazed to Sergey and Michelle, in the still fairly young age they’d managed to explore the 2/3 parts of the world such as: Europe, Africa, Australia, and Asia. Their final destination was the continent of America and perhaps including Antarctica. Their visit in Balai Riam Subdistrict would last for 3 days 2 nights. Because they deliberately wanted to rest for a while after traveling a very long and tiring. As a good host, I purposely took their tour to see the situation in Balai Riam. First I invited them to look across the village settlements (old village). Sergey and Michelle were amazed to see our local traditional house made of ironwood and very durable tens to hundreds of years. The public was enthusiastic welcome them. “Sir, please tell them later at night we held a party for them. We’ll make a roasted pork!” Said one resident familiarly. When I delivered to Sergey and Michelle mentioned subject, they were very happy as if they had not enjoyed a delicious meal, especially when I mentioned its specialties is the ‘pork barbeque’. They almost dripping saliva after hearing.

When we arrived at the indigenous leader house, we were greeted with a ceremony and drinking party. Our hands were each tied by a rope made of reeds and woven in a way that looked like a very beautiful bracelet. It signified that we had bound to be part of the Dayak in particular areas Balai Riam. We had become part of the family in the land of this amethyst gem. We should not be decided wrist strap that bound us intentionally. Because the rope would break up by itself right at the third, fourth, or fifth day. And magically, it’s true! Rope tying my wrist cut away on the third day. Though my hand did not experience friction with any object. The party  held at the home of indigenous leader house. Sergey and Michelle danced to follow the movements of the Dayak dancers form a circle. While dancing we were required to drink wine and wine interchangeably. Because I am a Muslim, so I just simply hold the cup to my lips without drinking a drop. Phew, it is a relief!

In the afternoon I again invited them both around while jogging look around the forest and look for cassavas. Michelle was very fond of fried cassava. For her cassava was the most delicious food  she had enjoyed. Well, fortunately the waitress of Mr. Siong had no objection to fry it for Michelle. The Dayak children continued to follow us along the way that we went through, they were even willing to help Michelle look for cassava growing in the woods. The children were very interested to interact with foreigners. Because it was the first time for people in Balai Riam met foreigners.

In the evening, after maghrib prayers, I asked Mr. Arif, the principal superiors, to take us to see the head of subdistrict. Our arrival was greeted warmly by the head of subdistrict. He explained on the composition of the population in Balai Riam Subdistrict, as well as the number of people in each village. I never thought we could talk familiarly together to laugh. Sergey and Michelle were very impressed with our service to them. Coming home to Mr. Siong’s house, I was asked specifically by Mr. Siong family to spend the night at their house. Worry if there something would happen to our guests or Sergey and Michelle needed something while Mr. Siong did not understand the language they use. So the whole night that I was with Sergey and Michelle spent time exchanging stories together.

Sergey taught the Cyrillic alphabet which is the Russian alphabet. I thought the Russian language was very difficult but very interesting. Many times Sergey trained me how to read any Russian alphabet written on a piece of paper. I very difficult pronounced, but Sergey was patient and humorous person. There were excerpts of the conversation which still burned into my memory.

I’m the Curious (IC): “Sergey, could you please tell me the life in your country during the heyday of the Soviet Union?”

Sergey (S): “What do you want to know about the Soviet Union?”

IC: “Frankly, when we hear the name of the Soviet Union, many Indonesian people are frightened.”

S: “What is fear?”

IC: “the Soviet Union communist state. In the past our country also had almost become a communist country.”

S: “So?”

(Ergh… Why Sergey often asked me back, huh?)

IC: “The Communist Party in our country had done a great incident. A number of our army leaders were arrested and killed. Places of worship such as mosques burned. Of course we are afraid of communists and strictly prohibits the existence of the communist party in our country.”

S: “In our country it had become commonplace.”

IC: “Was it not disturbing people in your country?”

S: “Why should fret? Let it all flows and community members are slowly going to enjoy it! ”

IC: “I heard the economic system in your country adopted a centralized economy. Could you please explain what kind of economy there? ”

S: “Yup, that’s right! So during the period of socialist rule, almost all the residents did not have a business license. Because all activities were controlled by the state of society. Agricultural activities, livestock, industry, fisheries, plantation, etc. were managed by the state. Thus the welfare of society equally. There was no person who was the richest or the poorest like here!”

IC: “Oh, I see. And what about the activities of worship? Was controlled by the government as well? ”

S: “Of course. If not so, the people in our country would not be  regular. Essentially all community activities were controlled by the state. You know, including our spouses also when in the mood to make love must wait for a mandate from the state! ”

(Sergey glanced at Michelle playfully)

Michelle giggled hear the narrative of her husband,”For the last statement that he said, please do not believe this!” Michelle said as she glanced at me.

IC: “Wew!”

Sergey was very interested in listening to myths inland Dayak that I told him. Like ‘kuyang’ an old woman who absorbs infant blood in order to make herself forever young, kayau the head hunter, cannibalism of the Dayak, and so forth. While Michelle was more interested in listening to the stories of tragedy Sambas and Sampit which had similarities of the  background chronology. Both asked me so I deign to write them all down and send them to their email addresses published into a book published in the country. It turned out their second job were journalist. Little vent also to me the reason they did hitch-hiking, as the background of their problems. Frankly they told me apparently they were a married couple who eloped because it was not sanctioned by their parents. OMG, nowadays still a ‘run-away marriage’. Mr. Deny … please please! (Imitating the style of Jarwo Kwat, member of Indonesian Comedy Club).

On the last day of our meeting, with the permission of Mr. Arif at night before I accidentally took Sergey and Michelle visited SMA Negeri 1 Balai Riam where I worked. I deliberately asked for them to be native speakers of English in school hours. Well, it turned out though their words were Caucasians, not necessarily a guarantee that their English must be good you know! The proof pronounce the word ‘banana’ are supposed to be pronounced ‘benane’ even pronounced the same as the ordinary Indonesian people mostly English. But this very memorable session for my students. Well, even though my students could only admonish ‘how are you?’, ‘Good morning’, and ‘what is your name?’ But we all really enjoyed the togetherness that only this moment. Sergey even had time to share his  knowledge to us how he and Michelle get drinking water in the middle of a vast desert when they ran out of drinking water supplies while no oasis around them. Wow that was very interesting and we also put it into practice, the results were amazing. Scorching sunshine very helpful our experiments. This way we refered to as ‘water condensation sun’.

Towards the final seconds of our time together, I and my students invited them both to play ‘kasti’ in the school field. Sergey said the game was very similar to the game of cricket. Before they actually went I was very curious with a backpack carried by them. According to Sergey explanation fill their backpacks include: tents, iron pegs, stove, pots, pans, clothes, flashlight, map, shoes and others. I was allowed by them to lift the backpack belongs to those who were so great, and beyond my expectation their bags were extremely heavy … To the extent that I fell backward carry. How not just my weight only 50 kg while Sergey’s bag 60 kg, like a rhino holding the horse …

As a memento of me so they always remember Indonesia, I purposely gave Sergey a Javanese batik shirt. Fortunately, the same size of our clothes. And one of my students gave a gift to Michelle who knows what was in it, I did not know it. Hopefully just not a bomb or stone. Hehe…  😀

After a while waiting for passing cars, came a silver Estrada in front of us and I stopped it. Fortunately I knew the driver of the vehicle. He was Mr. Darmadi  who was on his way home to HHK Timur, West Kalimantan. I told him a little bit about Sergey and Michelle, I entrusted this couple to him up in HHK Timur and introduced them to Mrs. Ani, one of my acquaintances who also worked as an English teacher at HHK Timur. Not to forget I dropped a letter to Mrs. Ani so Mrs. Ani pleased showed Sergey and Michelle road to Pontianak, so they did not get lost anymore, or was taken the wrong way by truck drivers who did not understand English as they had just experienced yesterday.

One week after their departure…
“Sir, I just arrived from the village of Tumbangtiti, West Kalimantan. Uh, there I met Sergey and Michelle again. Then I asked my brother there to lead them to Pontianak, Alhamdulillah now they’ve arrived in Pontianak!”Said a student of mine named Dina.

Ah, thank goodness. May they always be safety, and health by God during the journey to realize their dreams. Aspiration is not to simply remain a distant dream. Rather it should be a chain of struggle that never break up. Because life is not just for dreaming!

Tahun Ketigaku di Kalimantan : Bule Nyasar Penakluk Dunia!

image

Peristiwa ini sudah sangat lama terjadi, akupun nyaris tidak ingat kapan tepatnya. Akan tetapi aku sengaja menulisnya kembali di sini sekadar untuk nostalgia meskipun tanpa foto sama sekali karena pada waktu itu di tempat tinggalku belum marak ponsel berkamera apalagi kamera digital. Maklum namanya juga tinggal di daerah pedalaman kan, semua serba dalam keterbatasan. Hehe…  😉

Kejadian ini berlangsung kira-kira pada kuartal pertama tahun 2006, semester kedua aku mengajar di SMA Negeri 1 Balai Riam, atau lebih tepatnya memasuki tahun ketiga aku tinggal di Kalimantan. Masih kuingat dengan jelas kala itu adalah hari Jumat di mana kegiatan di sekolah tempatku mengajar ini sangat leluasa. Biasanya kegiatan di sekolah pada hari Jumat hanya sebatas senam jantung sehat, kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah, dan satu mata pelajaran tertentu di setiap kelas. Singkat cerita ketika aku sedang mengisi jam terakhir di salah satu kelas, salah seorang murid senior dari kelas XII yang bernama Mispansyah, mengetuk pintu ruangan di mana aku sedang mengajar.

“Permisi Pak, Bapak diminta warga untuk ke Balai sekarang juga! Kami kedatangan dua orang bule dan kami enggak ngerti sama sekali mereka mau apa,” tutur Mispansyah seraya ngos-ngosan seperti habis dikejar hantu.

Karena kebetulan saat itu adalah jam bubar sekolah, aku langsung berkemas dan berpamitan kepada murid-muridku. Sebelum aku naik ke atas boncengan motor Mispansyah, beberapa orang guru, para rekan kerjaku sempat mengutarakan hal yang sama seperti apa yang disampaikan oleh Mispansyah. “Cepat Pak, kedatangan Bapak sudah ditunggu di Balai Riam!” tandas Pak Jahrani guru senior kami.

Mispansyah langsung melaju menuju rumah Pak Siong, salah seorang warga yang rumahnya menjadi tempat penampungan para bule tersebut. Ternyata mereka adalah pasangan suami-istri yang bernama Sergey dan Michelle. Mereka berasal dari Rusia dan sedang melakukan hitch-hiking. Awalnya aku tidak mengerti apa itu hitch-hiking. Tetapi dengan ramah mereka menjelaskan kepadaku bahwa mereka sedang melakukan perjalanan keliling dunia hanya dengan cara berjalan kaki dan menumpang kendaraan di setiap jalur yang mereka tempuh. Wow, kedengarannya menarik ya? Itu artinya mereka keliling dunia gratis. Lantas Sergey bercerita kalau mereka sudah menjelajah 2/3 belahan dunia. Mereka pernah kehabisan air minum di gurun Kalahari Afrika, dan kehabisan bekal makanan di gurun Gobi China, juga sempat menjadi tawanan penduduk di pedalaman Thailand. Sampai akhirnya tibalah mereka di Indonesia. Mereka bahkan sempat menjadi sorotan penduduk Pulau Batam sampai masuk koran. Dan Sergey memperlihatkan kepadaku potongan artikel koran tersebut yang memuat berita tentang mereka selama di Batam. Andai mereka paham Bahasa Indonesia, mereka mungkin malu atau marah. Karena isi artikel tersebut adalah penduduk Batam sempat menilai mereka sebagai gembel yang jalan-jalan tanpa membawa duit tapi menginginkan keliling dunia gratis. Aduh, cucian… (U_U)

Perjalanan pun berlanjut ke Kalimantan setelah mereka berhasil menjelajahi Pulau Jawa. Setelah menempuh rute Pangkalan Bun-Kudangan dengan menumpangi sebuah truk, mereka bermaksud melanjutkan perjalanan menuju Pontianak untuk memperpanjang masa berlaku visa. Sialnya seharusnya mereka bisa terus lanjut ke Pontianak via Kudangan, akan tetapi karena miskomunikasi antara mereka dengan supir truk yang sama sekali tak bisa berbahasa Inggris, pasangan Sergey dan Michelle terbawa supir truk ke Balai Riam, kecamatan di mana aku tinggal. Lalu berjodohlah aku dengan mereka. Hehe…  😀

Aku sangat kagum kepada Sergey dan Michelle, di usia yang masih terbilang muda mereka sudah berhasil menjelajahi 2/3 belahan dunia antara lain : Eropa, Afrika, Australia, dan Asia. Tujuan terakhir mereka tentu adalah benua Amerika dan barangkali termasuk Antartika. Kunjungan mereka di Balai Riam akan berlangsung selama 3 hari 2 malam. Karena mereka sengaja ingin beristirahat sejenak setelah menempuh perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan. Sebagai tuan rumah yang baik, aku sengaja mengajak mereka berkeliling melihat-lihat keadaan di Balai Riam. Pertama aku mengajak mereka melihat pemukiman penduduk di kampung seberang (kampung lama). Sergey dan Michelle terkagum-kagum melihat rumah adat daerah kami yang terbuat dari kayu ulin dan sangat awet puluhan hingga ratusan tahun. Masyarakat begitu antusias menyambut kedatangan mereka. “Pak, tolong bilang sama mereka nanti malam kita adakan pesta buat mereka. Kita bikin babi panggang!” ujar salah seorang warga di kampung seberang. Ketika kusampaikan kepada Sergey dan Michelle perihal tersebut, mereka amat gembira seakan sudah lama tidak menikmati hidangan lezat, terlebih saat aku menyebutkan hidangan spesialnya adalah ‘pork barbeque’. Air liur mereka nyaris menetes setelah mendengarnya. Hadeuh, dasar bule…

Saat tiba di rumah ketua adat, kami disambut dengan upacara dan pesta minum arak. Tanganku dan tangan pasangan bule itu masing-masing diikat oleh seutas tali yang terbuat dari ilalang dan dianyam sedemikian rupa sehingga terlihat seperti gelang yang amat cantik. Ini menandakan bahwa kami telah terikat menjadi bagian dari Suku Dayak khususnya daerah Balai Riam. Kami telah menjadi bagian dari keluarga di tanah permata kecubung ini. Kami tidak boleh memutuskan tali yang mengikat pergelangan tangan kami secara sengaja. Sebab tali tersebut akan putus dengan sendirinya tepat pada hari ketiga, keempat, atau kelima. Dan ajaib, ternyata benar! Tali yang mengikat pergelangan tanganku terputus begitu saja pada hari ketiga. Padahal tanganku tidak mengalami gesekan dengan benda apapun. Pesta yang diselenggarakan di rumah ketua adat berlangsung meriah. Sergey dan Michelle menari-nari mengikuti gerakan para penari Dayak yang membentuk lingkaran. Sambil menari kami diharuskan minum arak dan tuak secara bergantian. Berhubung aku muslim, maka aku hanya cukup mendekatkan gelas ke bibir tanpa meminumnya setetes pun. Fiuh, lega rasanya…  (

Sore harinya aku kembali mengajak mereka berdua berkeliling sambil jogging melihat-lihat hutan dan mencari singkong untuk kami goreng. Tidak sangka ternyata Michelle sangat gemar sekali goreng singkong. Baginya singkong adalah makanan terlezat yang pernah dinikmatinya. Wah, untunglah pelayan Pak Siong tidak keberatan untuk menggorengkannya untuk Michelle. Anak-anak terus mengikuti kami sepanjang perjalanan yang kami tempuh, mereka bahkan rela membantu Michelle mencarikan singkong yang tumbuh di hutan.

Pada malam harinya, usai selepas menunaikan shalat maghrib, aku meminta Pak Arif, kepala sekolah pimpinanku, untuk mengantar kami menemui pak camat di rumahnya. Kedatangan kami disambut dengan hangat oleh pak camat. Beliau banyak menjelaskan mengenai komposisi penduduk di kecamatan Balai Riam, serta jumlah penduduk di setiap desa. Tak pernah kusangka, kami bisa mengobrol akrab bersama hingga tertawa lepas. Sergey dan Michelle merasa sangat terkesan dengan pelayanan kami terhadap mereka. Sepulang dari rumah pak camat, aku diminta khusus oleh keluarga Pak Siong untuk bermalam di rumah mereka. Khawatir bila terjadi apa-apa terhadap mereka atau mereka memerlukan sesuatu sementara Pak Siong tidak mengerti bahasa yang mereka gunakan. Maka sepanjang malam itu aku bersama Sergey dan Michelle menghabiskan waktu bertukar cerita bersama.

Sergey mengajarkanku aksara Cyrillic yang merupakan abjad Rusia. Menurutku bahasa Rusia sangat sulit tetapi sangat menarik. Berkali-kali Sergey melatihku cara membaca setiap abjad Rusia yang ditulisnya di secarik kertas. Aku sangat kesulitan melafalkannya, tapi Sergey orang yang sabar dan humoris. Ada petikan percakapan yang masih membekas dalam ingatanku.

Aku Yang Penasaran (AYP) : “Sergey, bisa tolong ceritakan kehidupan di negaramu selama masa kejayaan Uni Sovyet?”

Sergey (S) : “Apa yang ingin kamu ketahui mengenai Uni Sovyet?”

AYP : “Terus terang bila mendengar nama Uni Sovyet, banyak orang Indonesia yang ketakutan.”

S : “Apa yang ditakutkan?”

AYP : “Uni Sovyet kan negara komunis. Dulu negara kami juga pernah nyaris menjadi negara komunis.”

S : “Lalu?”

(Duh ini si Sergey kok malah balik nanya terus ya?)

AYP : “Partai komunis di negara kami pernah melakukan insiden besar. Sejumlah pemimpin tentara kami ditangkap dan dibunuh. Tempat-tempat ibadah seperti mesjid dan surau dibakar. Tentu saja kami takut terhadap komunis dan melarang keras keberadaan partai komunis di negara kami.”

S : “Di negara kami itu sudah menjadi hal biasa.”

AYP : “Apakah hal tersebut tidak meresahkan masyarakat di negaramu?”

S : “Mengapa harus resah? Biarkan semuanya mengalir begitu saja dan masyarakat pun perlahan-lahan akan menikmatinya!”

AYP : “Kudengar sistem perekonomian di negaramu menganut sistem perekonomian terpusat. Bisa tolong jelaskan seperti apa perekonomian di sana?”

S : “Yup, itu benar! Jadi selama masa pemerintahan sosialis, hampir semua warga tidak memiliki izin usaha. Karena seluruh kegiatan masyarakat dikendalikan oleh negara. Kegiatan pertanian, peternakan, perindustrian, perikanan, perkebunan, dan lain sebagainya dikelola oleh negara. Sehingga dengan demikian kesejahteraan masyarakat merata. Di sana tidak ada siapa orang yang paling kaya ataupun paling miskin seperti di sini!”

AYP : “Oh, jadi begitu ya. Lalu bagaimana dengan kegiatan peribadatan? Apakah dikendalikan oleh pemerintah juga?”

S : “Tentu saja. Bila tidak begitu, masyarakat di negara kami tidak akan teratur. Intinya semua kegiatan masyarakat dikendalikan oleh negara. Kau tahu, termasuk kami yang pasangan suami istri ini juga bila sedang ingin bercinta harus menunggu mandat dari negara!”

(Sergey melirik Michelle dengan tatapan penuh canda)

Michelle terkikik mendengar penuturan suaminya,”Untuk kalimat terakhir yang diucapkannya tolong jangan dipercaya!” ujar Michelle seraya melempar pandangan ke arahku.

AYP : “Wew!”

Sergey amat tertarik mendengarkan mitos-mitos suku Dayak pedalaman yang kuceritakan kepadanya, seperti kuyang, kayau (head hunter), tuju, dan lain sebagainya. Sementara Michelle lebih tertarik mendengarkan cerita tragedi Sambas dan Sampit yang memiliki kesamaan latar belakang kronologi. Keduanya meminta kepadaku agar aku berkenan menuliskan semuanya dan mengirimkan ke alamat email mereka untuk mereka publikasikan ke dalam bentuk buku yang diterbitkan di negaranya. Ternyata pekerjaan sampingan mereka adalah jurnalis. Sedikit curhat juga kepadaku alasan mereka melakukan hitch-hiking, karena latar belakang persoalan mereka. Usut punya usut rupanya mereka adalah pasangan suami-istri yang melakukan kawin lari karena tidak direstui oleh kedua orang tua mereka. OMG, hari gini masih ada ‘run-away marriage’. Pak Deny… tolong dong! (meniru gaya Jarwo Kwat Indonesian Lawak Klub).

Pada hari terakhir pertemuan kami, atas seizin Pak Arif pada malam sebelumnya aku sengaja mengajak Sergey dan Michelle berkunjung ke SMA Negeri 1 Balai Riam tempatku bekerja. Aku sengaja meminta mereka untuk menjadi native speaker pada jam pelajaran Bahasa Inggris. Hmm, ternyata biar kata mereka adalah bule, belum tentu jaminan kalau bahasa Inggris mereka bagus lho! Buktinya melafalkan kata ‘banana’ saja yang seharusnya dilafalkan ‘benane’ malah dilafalkan sama seperti orang Indonesia kebanyakan yang awam Bahasa Inggris. Tapi sesi pertemuan ini sangat berkesan bagi murid-muridku. Yah, walaupun mereka hanya bisa menegur ‘how are you?’, ‘good morning’, dan ‘what is your name?’ akan tetapi kami semua sangat menikmati kebersamaan yang hanya sesaat ini. Sergey bahkan sempat berbagi ilmu kepada kami bagaimana caranya dia dan Michelle mendapatkan air minum di tengah padang pasir yang luas di saat perbekalan air minum mereka habis sementara tidak ada oase di sekitar mereka. Cara yang amat menarik dan kami pun mempraktikkannya, hasilnya luar biasa. Sinar matahari yang menyengat sangat membantu percobaan kami. Cara ini kami sebut sebagai ‘air kondensasi matahari’.

Menjelang detik-detik terakhir kebersamaan kami, aku dan murid-muridku mengajak mereka berdua untuk bermain kasti di lapangan sekolah. Sergey bilang permainan kasti Indonesia sangat mirip dengan permainan cricket.  Sebelum mereka benar-benar pergi aku sangat penasaran dengan tas ransel yang dibawa oleh mereka. Menurut penjelasan Sergey isi tas ransel mereka antara lain : tenda, pasak besi, kompor, panci, wajan, pakaian, senter, peta, sepatu dan lain-lain. Aku sempat diperbolehkan oleh mereka untuk mengangkat tas ransel milik mereka yang begitu besar, dan di luar ekspektasiku tas mereka itu amat sangat buerat buanget… Sampai-sampai aku jatuh terjengkang menggendongnya. Bagaimana tidak, berat badanku saja hanya 50 kg sementara tas Sergey 60 kg, ibarat kuda menggendong badak kan…

Sebagai kenang-kenangan dariku agar mereka selalu mengenang Indonesia, aku sengaja memberi Sergey sebuah baju batik khas Jawa. Untunglah ukuran baju kami sama. Dan salah seorang muridku memberi sebuah bingkisan kepada Michelle yang entah apa isinya, aku sendiri pun tidak tahu. Moga-moga saja bukan bom atau batu. Hehe…  😀

Selang beberapa saat menunggu mobil yang lewat, melintaslah sebuah Estrada silver di hadapan kami dan aku menyetopnya. Untunglah aku mengenal pengemudi kendaraan tersebut. Beliau adalah Pak Darmadi yang sedang dalam perjalanan pulang ke HHK Timur, Kalbar. Kepada beliau aku sedikit menceritakan perihal Sergey dan Michelle, aku menitipkan pasangan suami-istri tersebut kepada beliau sampai di HHK Timur dan mempertemukannya dengan Mrs. Ani, salah seorang kenalanku yang juga berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris di HHK Timur. Tak lupa aku menitipkan sepucuk surat untuk Mrs. Ani agar Mrs. Ani berkenan menunjukkan kepada Sergey dan Michelle jalan menuju Pontianak, sehingga mereka tidak tersesat lagi atau dibawa salah jalan oleh supir truk yang sama sekali tidak mengerti Bahasa Inggris seperti yang baru saja dialami mereka kemarin.

Satu minggu setelah kepergian mereka…
“Pak, Dina baru saja balik kampung dari Tumbangtiti, Kalbar. Eh, di sana Dina ketemu lagi sama bule yang dari Rusia itu lho Pak. Terus Dina minta tolong sama saudara Dina di sana supaya mengantar mereka ke Pontianak, Alhamdulillah sekarang mereka sudah nyampe!” tutur seorang muridku yang bernama Dina.

Ah, syukurlah. Semoga mereka senantiasa diberi keselamatan, dan kesehatan oleh tuhan selama menempuh perjalanan guna mewujudkan impian mereka. Cita-cita bukan untuk sekadar menjadi mimpi belaka. Melainkan harus menjadi rantai perjuangan yang tidak pernah ada putusnya. Karena hidup bukan sekadar untuk bermimpi!

Pangkalan Bun Naik Daun

image

Hallo pembaca, ini adalah tulisan pertamaku di awal tahun 2015. Sebelumnya aku mau mengucapkan selamat tahun baru ya. Semoga apa yang kalian cita-citakan di tahun ini dapat terwujud dengan baik. Walaupun tragedi jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 pada akhir tahun lalu sempat menjadi duka lara yang menimpa saudara-saudara kita di Surabaya, namun kita jangan putus mendoakan  mereka (para korban kecelakaan). Semoga tuhan menerima mereka semua di surga. Amin yarabbal alamin. Semenjak daerah  musibah kecelakaan yang menimpa AirAsia QZ8501 berhasil dideteksi, daerah tempat tinggalku, kota MANIS, Pangkalan Bun city, mendadak naik daun. Pasalnya lokasi di mana kecelakaan tersebut terjadi sangat dekat dengan Teluk Kumai, teluk yang menjorok ke daratan Kabupaten Kotawaringin Barat yang beribukota di Pangkalan Bun. Padahal sehari-harinya nama Pangkalan Bun sangat asing di telinga orang Indonesia. Banyak orang Indonesia di luar Kalimantan yang tidak mengetahui di mana letak Pangkalan Bun. Jangankan mendengar nama Pangkalan Bun, mendengar nama Pulau Kalimantan saja teman-temanku di Bogor pada merinding karena kebanyakan dari mereka masih beranggapan kalau daerah Kalimantan itu daerah yang sangat terbelakang, belum maju, dan penduduknya masih primitif. Hmm, belum tahu mereka kalau di tengah hutan zamrud khatulistiwa sini banyak sekali terdapat kota-kota yang cantik dan salah satunya adalah Pangkalan Bun. Semenjak diketahuinya titik jatuh pesawat di perairan Kalimantan, Pangkalan Bun mendadak menjadi sorotan media massa. Puluhan reporter televisi dan koran nasional terjun meliput berita bersama para relawan dan tim penyelamat (BASARNAS). Bahkan Bapak Presiden Jokowi pun menyempatkan diri melakukan kunjungan kerja ke kota yang dijuluki kota manis ini. Walaupun asing di telinga penduduk Indonesia karena namanya yang jarang mencuat ke media massa nasional, akan tetapi sebenarnya nama Pangkalan Bun itu sendiri cukup dikenal luas oleh masyarakat internasional. Lho kok bisa? Sebab banyak sekali turis mancanegara yang berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting yang terdapat di Teluk Kumai, sepanjang tahunnya. Di sana merupakan tempat rehabilitasi dan penangkaran orang utan, fauna langka yang mendapat perlindungan langsung dari WWF. Jadi jangan heran kalau kalian berkunjung ke Pangkalan Bun, kalian akan melihat banyak bule bertebaran keluar masuk hutan mencari orang utan, bahkan berkemah bersama para orang utan, saudara-saudara mereka. Hehehe…  😀

image

Selain itu daerah kami juga khususnya Pangkalan Bun dan Sukamara dikenal sebagai penghasil batu permata kecubung yang sangat indah dan bernilai tinggi. Warna batu kecubung yang sangat eksotik digemari para turis mancanegara yang kebetulan berkunjung ke daerah kami. Terdapat beberapa varian warna antara lain ungu, biru, hitam, merah muda, dan putih tergantung daerah penggaliannya karena warna-warna tersebut juga ditentukan oleh kandungan mineral yang terdapat di dalam tanah. (Sst, tanah di belakang rumahku banyak terdapat batu kecubung lho! Sayangnya, mama malah membuat spiteng di tanah tersebut. Hadeuh…)

Dulu hutan di daerah kami merupakan investor kayu terbesar bagi devisa negara Indonesia. Sayangnya maraknya illegal logging membuat hutan kami menjadi gundul dan perlu sedikitnya 50 tahun lagi agar hutan di daerah kami dapat kembali hijau seperti semula. Jika kalian berperahu atau mengendarai speedboat mengarungi sungai Lamandau rute Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama atau terus lanjut hingga Nangabulik, maka di sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan alam yang bestari. Banyak tanaman bungur di sepanjang tepian sungai dengan bunganya yang berwarna ungu menambah indah panorama seakan kita sedang berekreasi melihat bunga sakura di negara Jepang. Tidak jarang pula kita dapat menemukan burung elang maupun burung enggang (tingang) terbang rendah di atas kepala kita. Dan hingga saat ini aku masih sering menemukannya setiap melakukan perjalanan berspeedboat dari Desa Petarikan menuju Sukamara. Belum lagi semakin naik ke hulu sungai Lamandau arus sungainya semakin deras penuh dengan riam atau jeram. Bagi kalian yang menyukai kegiatan raftling sungai Lamandau recommended banget nih! Tapi hati-hati lho, sebab sungai-sungai di Kalimantan ukurannya gede-gede kaya laut! Plus banyak buayanya juga. (Termasuk buaya darat, hehehe…  😛  )

image

Nah, sebagai satu-satunya kota yang mendapat kehormatan tempat evakuasi para jenazah korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501, ternyata hal ini berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat provinsi Kalimantan Tengah. Terutama wilayah kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau, dan Sukamara dalam sektor perekonomian. Bukan maksud mensyukuri atas musibah yang telah terjadi. Namun dengan dijadikannya Pangkalan Bun sebagai pusat evakuasi korban, banyak penduduk dari luar Pangkalan Bun yang berdatangan ke Bandara Iskandar dan Pantai Kubu. Mereka tidak hanya sekadar ingin melihat jenazah, namun ada juga yang mencoba menyisir pantai berharap mereka dapat turut menemukan jenazah yang mungkin terdampar di pantai layaknya tim BASARNAS yang menemukan korban di laut. Bangsa Indonesia memang bangsa yang memiliki solidaritas tinggi. Walaupun para korban tersebut belum tentu saudara kita, namun kita turut membantu mencari. Hampir seluruh hotel dan penginapan (losmen) di Pangkalan Bun penuh oleh para pendatang dari luar kota termasuk para relawan dari luar negeri meskipun pemerintah telah menyediakan posko khusus untuk mereka. Namun tidak menutup kemungkinan cukup banyak wartawan dan reporter internasional yang turut meliput musibah tersebut. Maka dengan kata lain sejumlah penginapan, rumah makan, dan tempat usaha lainnya mendapat konsumen lebih di atas rata-rata hari biasanya. Itulah mengapa aku menulis bahwa musibah ini berdampak terhadap perekonomian masyarakat di ketiga kabupaten yang telah kusebutkan di atas. Contoh lainnya adalah meningkatnya jumlah pesanan peti jenazah di kabupaten Lamandau seiring bertambahnya jumlah korban yang berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat. Sebaliknya para nelayan di pesisir Kotawaringin Barat dan Sukamara mengalami kerugian karena untuk beberapa saat ini masyarakat enggan mengkonsumsi ikan laut bukan dikarenakan adanya kemungkinan bahwa sebagian ikan dari perairan Teluk Kumai telah menggigiti para jenazah pasca kecelakaan. Melainkan sebagai wujud empati masyarakat Kalimantan bahwa kami turut kehilangan saudara kami sesama bangsa Indonesia. Bahkan ketika malam perayaan tahun baru, seluruh masyarakat Pangkalan Bun tidak merayakannya secara besar-besaran. Kami hanya menyelenggarakan doa bersama di Bundaran Pancasila dengan masing-masing orang berbekal sebatang lilin sebagai penerang. Itulah wujud rasa duka cita kami. Meskipun tidak memungkinkan semua korban dapat dievakuasi, mengingat kondisi cuaca di perairan Teluk Kumai tidak menentu. Tidak ada salahnya bagi kita untuk terus berharap dan berdoa. Semoga tim penyelamat berhasil menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Serta semoga saudara-saudara kita yang telah tiada dapat beristirahat dengan tenang dan damai di peristirahatannya yang terakhir.

image

Pangkalan Bun akan tetap dikenang oleh bangsa Indonesia meskipun kalian belum pernah ke sana. Setidaknya kota kami tercinta memang tercetak di dalam peta. Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tragedy Before the New Year

image

Yesterday will be a shadow that we can remember every moment.
Today it is a struggle that can not be stopped.
And tomorrow will be a victory to be achieved!

The history and future are two things that can not be separated. I was very surprised to hear the news on Sunday morning, December 28, 2014. Why every year there is always a tragedy in my country? Exactly ten years ago a very powerful tsunami hit Aceh, December 26, 2004. I still remember that day, it was on Sunday. So many victims of more than 100,000 people dead and missing due to the waves. And a few years ago, Senopati Kencana, a passenger ship sank in the Java Sea because of an unbalanced load. Right in the month of December and on Sunday! About two days ago, a new tragedy came over. This is the first time AirAsia had an accident in the emerald islands, Indonesia. The previous track record, AirAsia is one of the best public air transportation in Indonesia has been ever. Service of flight attendants must be the best as well, because they often entertain passengers during flight. Some stewards often makes them laugh and enjoy a dull moment to be enjoyable.

Since my sister was a flight attendant  I may thank God that He saved her from this accident because fortunately she was not working for the airline. My family and I always worried about her. Where she flew with the crew cabin has always been a big question in our minds, hoping her journey is always safe and controlled. But I continue to feel so sad and so sorry for the accident AirAsia. Approximately at 05.36 Sunday morning flight (AirAsia QZ8501) tried to fly from Juanda airport in Surabaya to the destination, Singapore. The pilot still communicated with the operator in the past for 45 minutes before Captain Irianto (pilot) requesting permission to avoid large cumulo-nimbuzz at an altitude of 32,000 feet. But at 06.17 operators lost contact with him. The aircraft must land at 08.30 in Singapore or 7:30 (Indonesian time). On the contrary until a certain time, the plane did not land at all. In the midday, the mass media issued if the aircraft was lost and it was predicted that probably had been fallen somewhere.

BASARNAS (rescuers) tries to explore where the communication between the pilots and operators who had been disconnected. It was exactly at Karimata strait, between Belitung and Borneo island. After 2 days of searching for the team finally found a lot of bodies, luggage, emergency exits, and other goods in Kumai Bay, Central Kalimantan Province, not far from the strait Karimata. BASARNAS confirmed if all these items are part of the AirAsia craft that may be lost. More than 150 passengers on the plane, about 16 of them are children and infants. Wind, waves, rain, and fog completely disrupt the evacuation. I could not hold back the tears I saw the news on TV. The passengers relatives were hysteric when they get their family members were found dead. I asked myself why there is always a tragedy at the end of the year in my country? Tsunamis, floods, volcanic eruptions, the collapse of the soil, they often occur at the end of each year. And now it is completely with a plane crash. And it is precisely on Sunday last week of December as another tragedy before.

I remember 2 Indonesian people sad song: “Kisah Sedih di Hari Minggu” (Sad Story on Sunday) and “Desember Kelabu” (Gray December). Although both love songs but the title indicates the suffering going on in Indonesia. A big question in my mind now is “Are they related to the annual tragedy in Indonesia?” Well, I did not expect! Today is the last day of the year. The sun does not rise at all throughout the day. The rain has been falling since morning as if to indicate that the Indonesian people are in a deep sadness. People cry for those who died in the tragedy. And in a few hours it will be a new year. Will the sun rise tomorrow? We are waiting.

HAPPY NEW YEAR 2015!
Hope you out there are in a happy and joyful moments. GBU.