Posted on

Tuhan Maha Adil

image

Suatu ketika seorang petani labu baru saja selesai menggarap ladangnya. Ia memutuskan untuk beristirahat sejenak di bawah sebatang pohon karet yang rindang dan teduh. Dihempaskannya pantatnya ke tanah untuk duduk dan bersandar pada batang pohon. Dikipaskannya topi caping ke dadanya yang kegerahan karena suhu udara siang itu teramat panas. Lama dia mengamati buah karet yang bergelantungan di pohon. Sejenak dia berpikir. Kemudian dia bergumam, “Kalau kuamati baik-baik, buah karet ini bentuknya sangat mirip dengan buah labu yang kupanen. Tetapi mengapa tuhan tak adil? Buah labu ukurannya besar sementara batang tanamannya sangat kecil. Kemudian buah karet ukurannya kecil sementara batangnya cukup besar. Tuhan sungguh tidak adil!” Petani itu merasa kecewa kepada tuhan.

Lama si petani labu itu terhenyak dalam lamunannya. Sampai akhirnya, ia tak sadar kalau sebutir buah karet yang tadi diamatinya tengah terjatuh karena terhempas oleh angin. Dan…

PLETAK!

“Adaaaaw…” teriak petani.

Buah karet itu jatuh tepat mengenai kepalanya. Lantas petani labu itu kembali bergumam.

“Oh, ternyata tuhan itu maha adil! Seandainya buah karet yang jatuh mengenai kepalaku ini berukuran sebesar labu-labu yang kupanen, tentu sudah pecah kepalaku dibuatnya!”

Petani labu itu lantas segera bangkit dari duduknya dan mengemasi hasil panennya secepat mungkin. Ia ingin cepat pulang ke rumah agar bisa sembahyang dan bersyukur kepada tuhan atas keadilan yang ditunjukkan tuhan kepadanya.

Advertisements

About Sugih

I'm just an ordinary people

6 responses to “Tuhan Maha Adil

  1. yusmei

    Tuhan menciptakan sesuatu sudah sesuai porsi dan kegunaannya ya mas. 🙂

  2. Beny ⋅

    Ya, hanya tuhan yang tahu atas segala apa yang telah Ia ciptakan! Bahkan rumput liar sekalipun ada kegunaannya.

  3. Michael ⋅

    Ceritanya sangat menginspirasi supaya manusia sadar mengenai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Thumbs up buat penulisnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s