Posted on

Mengenal Karakter ‘7 Manusia Harimau’ Lebih Dekat

image

Berbicara film 7 Manusia Harimau memang tidak ada bosannya. Terlebih film ini memang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak sampai kakek-kakek dan nenek-nenek. Walaupun Ali Syakieb, Glen Aliensky, dan Aurelie Moremans mengundurkan diri dari sinetron ini sebelum episode perdana film ini ditayangkan namun tidak membuat para penggemar film ini kecewa. Padahal mereka sudah sempat shooting beberapa adegan bersama Samuel Zylgwyn sang pemeran utama. Banyak pula pemirsa yang terkecoh kalau Desa Kumayan benar-benar ada di Provinsi Bengkulu. Padahal  nama Desa Kumayan dan Kecamatan Kayu Lima kan hanya fiktif belaka. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi daftar kabupaten-kabupaten dan kecamatan-kecamatan di Bengkulu melalui perpustakaan Wikipedia.

Sesuai permintaan pembaca pada postingan-postinganku sebelumnya, kali ini aku akan mengajak pembaca untuk mengenal karakter ‘7 Manusia Harimau’ baik versi novel maupun sinetronnya. Bagi kalian yang belum membaca tulisan-tulisanku sebelumnya  silakan klik saja tautan-tautan berikut :

7 Manusia Harimau

Di Balik Layar 7 Manusia Harimau

Promosi 7 Manusia Harimau dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah tokoh-tokoh 7 Manusia Harimau :
1. Gumara Peto Alam

image

Diperankan oleh Samuel Zylgwyn. Alkisah saat kecil pada usianya yang ke-7 Gumara mendapat hadiah ulang tahun dari ibundanya tercinta. Sebuah kitab warisan leluhur manusia harimau, yaitu Kitab Tujuh. Awalnya Gumara tidak dapat membaca aksara Rejang yang terdapat dalam kitab itu. Namun anehnya tiba-tiba saja muncul ke hadapannya 7 bayangan para leluhur yang senantiasa mengajarkan isi dari Kitab Tujuh tersebut. Gumara diajarkan ilmu bela diri jurus-jurus harimau dan juga ilmu kebatinan. Seiring pertumbuhannya Gumara sering mengalami kejadian-kejadian aneh. Saat sedang marah atau tertekan Gumara dapat mengeluarkan taring dari mulutnya, dan kuku-kuku yang tajam dari jari-jari tangannya. Sampai akhirnya ibu dan neneknya bercerita kalau Gumara sebenarnya keturunan seorang inyit atau inye’ (manusia harimau) yang dihormati di Desa Kumayan, Kecamatan Kayu Lima, Provinsi Bengkulu. Gumara sangat shock dan berusaha membuang Kitab Tujuh yang telah dipelajarinya, sialnya kitab tersebut selalu kembali kepada Gumara secara ghaib. Demi mencari kebenaran dan menghapuskan ilmu inye’ yang mengalir dalam tubuhnya, Gumara meminta kepada Departemen Pendidikan  agar tugasnya sebagai seorang guru di Jakarta dimutasikan ke daerah kelahiran ayahnya tersebut. Berangkatlah Gumara ke Bengkulu menuju Desa Kumayan. Banyak kejadian aneh yang menimpa dirinya setibanya di Desa Kumayan mulai dari dirayu siluman ular untuk berbuat maksiat, dituding telah membunuh salah seorang warga dan dijebloskan ke  penjara, diracuni Bu Tarikh yang sakit hati karena posisi pekerjaan suaminya digeser, sampai jatuh cinta kepada Karina adiknya sendiri. Dan masih banyak kejadian lainnya yang membuat Gumara akhirnya mengubah keputusan akan tetap menjadi seorang inye’ demi melindungi dan menyelamatkan warga Kumayan dari gangguan para siluman yang menginginkan kehancuran para inye’.

Dalam versi novelnya diceritakan kalau Gumara adalah seorang guru SMP. Wajar saja sebab novel tersebut booming di era 1980-an, di mana tingkat pendidikan masyarakat Indonesia masih rendah. Kala itu banyak anak SMP yang langsung menikah begitu lulus sekolah. Namun cerita ini dikembangkan oleh H. Imam Tantowi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman sekarang. Sehingga pada versi sinetronnya Gumara berprofesi sebagai guru SMA yang mengampu mata pelajaran Matematika dan Fisika. Karakter Gumara adalah sosok yang kharismatis, berwibawa, dan memiliki pembawaan yang tenang (jaim), tidak gegabah dalam bertindak, dan selalu menjadi penengah di antara para inye’ yang sedang berseteru. Gumara juga dijuluki si pahit lidah, sekali ia bersumpah maka celakalah orang yang telah mengirim teluh padanya.  Tidak hanya itu Gumara juga memiliki paras yang tampan sehingga memikat banyak hati kaum hawa di Desa Kumayan, sebut saja : Karina, Pitaloka, Pina, Ratna, hingga Farah seorang antropolog yang juga berasal dari Jakarta.

Biodata Samuel Zylgwyn
Nama : Samuel Zylgwyn Heckenbucker
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 22 Juli 1988
Agama : Katolik
Akun twitter : Sam_Zylgwyn

2. Datuk Lebai Karat

image

Diperankan oleh Adjie Pangestu. Nama aslinya adalah Gumilang. Ketika muda ia berguru ilmu bela diri dan juga pengobatan kepada Datuk Tunggal, seorang sesepuh yang memiliki pendopo di kaki Bukit Tunggal tepat di bawah air terjun. Darinyalah Gumilang mendapat ilmu inye bersama 4 pendekar lainnya : Datuk Abu, Humbalang, Raja Langit, dan Limbubu. Setelah menguasai ilmu inye, Gumilang kembali ke Kumayan untuk menjadi seorang dukun yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Kemudian karena kemahirannya ia mendapat gelar Datuk Lebai Karat. Ia pun ditunjuk sebagai ketua di antara para inye’ murid Datuk Tunggal. Suatu hari datang kepadanya seorang wanita cantik yang bernama Ratih. Ia mengeluh dan meminta agar ia bisa memberikan keturunan kepada suaminya. Tak disangka Datuk Lebai Karat dan Ratih malah saling jatuh cinta. Dan dari hasil perselingkuhan Ratih dengan Datuk Lebai Karat, lahirlah Gumara Peto Alam. Setelah lebih dari 20 tahun lamanya Ratih pindah ke Jakarta, Gumara hadir ke hadapannya untuk meminta izin tinggal di Kumayan. Datuk Lebai Karat sama sekali tidak menyadari kalau Gumara adalah anaknya. Ia bahkan nyaris menerkam Gumara, karena Gumara tidak berterus-terang maksud kedatangannya ke Desa Kumayan.

Datuk Lebai Karat adalah sosok yang keras kepala, selalu ingin disegani, selalu membanggakan diri, dan berpendirian kuat. Datuk Lebai Karat kerap berseteru dengan Raja Langit karena ilmu inye’ yang dimiliki Raja Langit bertentangan dengan ilmu yang dimilikinya meskipun mereka berdua sama-sama inye’. Raja Langit sering diminta warga untuk mengirim teluh atau santet maka Datuk Lebai Karat sering diminta warga untuk menyembuhkan mereka dari teluh dan santet. Dalam versi novelnya Datuk Lebai Karat dipaparkan sebagai sosok lelaki tua berambut gondrong dan janggut yang panjang. Namun dalam versi sinetron Datuk Lebai Karat ditampilkan lebih muda. Mungkin ini salah satu trik kru film agar sinetron ini lebih digemari ketimbang novelnya.

Biodata Adjie Pangestu
Nama : Adjie Mindosio Pangestu
Tempat, tanggal lahir : Semarang, 21 November 1969
Agama : Islam
Akun twitter : _

3. Datuk Tunggal

image

Siapa tidak mengenal Willy Dozan, legenda aktor laga Indonesia yang masih aktif hingga sekarang. Diceritakan dalam novelnya nama muda Datuk Tunggal adalah Dadu Tunggal. Ia adalah penghuni bukit keramat di Desa Kumayan, Bukit Tunggal. Konon menurut perintah gurunya, Dadu Tunggal tidak diperkenankan untuk beristri demi menjaga ilmu yang dimilikinya. Namun karena godaan seorang siluman, tanpa sadar Dadu Tunggal telah kehilangan  keperjakaannya. Lantas akhirnya ia memilih menetap di Bukit Tunggal. Dan di sanalah ia mendirikan perguruan. Adapun Datuk Tunggal didampingi oleh seorang wanita yang selalu setia menjaga Bukit Tunggal dan menguasai ilmu pengobatan, ia adalah Puyang Tunggal.

Datuk Tunggal dipaparkan sebagai seorang pertapa tua nan sakti dan memiliki ilmu yang sangat tinggi setara dengan Gumara, harimau ketujuh yang selama ini ia nanti. Menurut ramalan para leluhur, jika 7 manusia harimau telah berkumpul dan bersatu, maka mereka dapat mengalahkan berbagai serangan para siluman yang sering melanda Desa Kumayan. Sama seperti Gumara, Datuk Tunggal memiliki karakter penyabar, berpembawaan tenang, kharismatis, dan tidak gegabah dalam bertindak. Datuk Tunggal adalah harimau yang paling dihormati dan disegani. Namun sayang ketika ilmu inye’ yang dimilikinya ikut terserap oleh Raja Langit akibat tindakan Datuk Lebai Karat dan Limbubu yang terlalu gegabah dan tidak sabar, akhirnya Datuk Tunggal harus menggantungkan harapan kepada Gumara. Dan niscaya Gumara selalu dapat diandalkan.

Biodata Willy Dozan
Nama : Chuang Chen Li
Tempat, tanggal lahir : Magelang, 10 Februari 1957
Agama : Islam
Akun twitter : _

4. Humbalang

image

Tokoh Humbalang diperankan oleh Boy Hamzah. Inye muda ini memiliki pembawaan yang tenang namun sedikit tidak sabaran. Dia juga memiliki toleransi yang amat tinggi terhadap setiap orang terutama kepada para saudaranya sesama inye’, namun sayangnya para inye’ lain sering salah menafsirkan maksud baiknya. Humbalang juga adalah penengah di antara Datuk Lebai Karat dan Raja Langit ketika mereka berdua sedang berseteru. Di awal episode cerita ini dimulai, Humbalang adalah sosok yang enggan memihak salah satu pihak begitu saja ketika para inye’ mulai mengalami perpecahan. Bukan berarti dia berada di pihak yang netral, melainkan dia tidak ingin berada di pihak yang salah. Maka dia memutuskan untuk mengikuti perkembangan masalah terlebih dahulu. Seiring berjalannya cerita, perpecahan berhasil dicegah dan diselamatkan oleh Gumara, Humbalang pun mulai menaruh simpati kepada Gumara. Jauh sebelum kedatangan Gumara ke Kumayan, Humbalang telah mengetahui maksud kedatangan Gumara. Humbalang tahu kalau Gumara bermaksud menuntut balas dendam kepada Datuk Lebai Karat yang diduga Gumara telah memperkosa ibunya. Humbalang bahkan mencegah Gumara untuk menemui Datuk Lebai Karat dengan cara membuat Gumara tersesat di tengah hutan.

Dalam versi novel namanya adalah Hum Belang. Diceritakan ia memiliki sebuah peternakan besar di Kumayan. Dia berkawan baik dengan Limbubu dan Raja Langit. Namun di saat Raja Langit diketahui bersalah, Humbalang tidak memihak atau membelanya begitu saja. Ia justru turut mengadili Raja Langit setelah Arsya dan Rifai mengadukan kepadanya perihal Raja Langit yang telah meminta uang seratus juta rupiah dan keperawanan salah seorang gadis di Kumayan agar Arsya dan Rifai dapat menuntut ilmu inye kepada Raja Langit. Dalam kasus ini, Ratna adalah gadis yang dikorbankan oleh Arsya dan Rifai. Padahal Ratna sangat mencintai Gumara. Humbalang tidak diam saja. Ia menuntut keterusterangan Raja Langit. Di lain cerita Humbalang juga rela berkorban menyelamatkan nyawa Karina dan Pitaloka yang ditawan oleh si Tudung Merah. Bahkan ketika Desa Kumayan dilanda wabah penyakit kulit yang dikirim oleh Ratu Hangcinda, Humbalang menjadi perintis jalan ke Bukit Sabah guna mendapatkan batu belerang hijau yang dapat menjadi penawar penyakit kulit yang diderita warga Kumayan. Humbalang sampai kehabisan tenaga setelah berhadapan dengan siluman ular penjaga Bukit Sabah.

Biodata Boy Hamzah
Nama : Boy Hamzah Notonegoro Mar’ie
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 22 Februari 1990
Agama : Islam
Akun twitter : boyhamzah

5. Raja Langit (baca : Rajo Langit)

image

Namanya dalam novel sebenarnya adalah Lading Ganda, namun karena adaptasi demi kesesuaian khazanah budaya, para kru film dan H. Imam Tantowi mengganti namanya menjadi  Raja Langit. Dalam versi novelnya pula Lading Ganda dipaparkan seusia dengan Datuk Lebai Karat maupun Datuk Abu dan Humbalang, bahkan menurut novelnya Lading Ganda telah mempunyai anak bernama Keni. Bahkan Pina sebenarnya adalah anak sulungnya, bukan adiknya seperti dalam versi sinetron.  Raja Langit atau Lading Ganda adalah seorang pria keturunan Minang yang lahir di Kumayan. Adapun karakter yang dimilikinya sangat sombong, angkuh, pemarah, labil, suka mengirimkan teluh, sembrono, tidak sabaran, sangat percaya diri, dan tamak akan harta. Namun di balik semua sifat buruknya itu ia memiki rasa kasih sayang yang sangat besar kepada orang-orang yang dicintainya terutama kepada Pina adiknya, dan Ratna gadis yang telah dinodainya. Pada awal cerita, sama seperti halnya Humbalang, Raja Langit telah mengetahui maksud kedatangan Gumara ke Desa Kumayan. Berkali-kali ia berusaha membujuk Gumara untuk bergabung dengan perguruan silatnya. Bahkan Raja Langit sengaja membuat Gumara terjebak dalam sebuah kasus pembunuhan salah seorang warga sehingga Gumara dijebloskan ke dalam penjara. Lantas setelah itu Raja Langit hadir ke hadapan Gumara bak seorang pahlawan yang membebaskannya dari penjara dengan tujuan agar Gumara bersedia menjadi muridnya. Namun Gumara menolaknya secara halus. Akan tetapi Raja Langit merasa sakit hati atas penolakan itu. Di saat Datuk Lebai Karat secara resmi menyatakan bahwa Gumara adalah keturunannya yang juga harimau ketujuh yang telah lama mereka nantikan, Raja Langit sengaja menyebarkan isu bahwa Gumara adalah anak haram hasil pemerkosaan yang dilakukan Gumilang (Datuk Lebai Karat) terhadap Ratih. Alhasil Gumara merasa sakit hati kepada Datuk Lebai Karat dan menjadi sering berburuk sangka kepadanya.

Suatu Hari, gara-gara Pitaloka menolak Arsya untuk menjadi pacarnya dan meludahi wajah Arsya, Arsya yang tidak terima atas perlakuan Pitaloka tersebut sengaja menemui Raja Langit untuk mengirimkan teluh kepada Pitaloka. Tak berapa lama bibir Pitaloka hangus dibuatnya. Datuk Abu ayah Pitaloka menduga kalau Datuk Lebai Karat-lah yang telah mengirim teluh tersebut. Akan tetapi Datuk Lebai Karat berhasil menemukan pelakunya, maka bertarunglah Datuk Abu melawan Raja Langit. Di lain cerita Arsya sangat ingin memiliki ilmu inye’ dan bermaksud berguru kepada Raja Langit. Lantas Raja Langit yang tamak akan harta mengelabui Arsya dan Rifai dengan cara menyuruh mereka menyiapkan uang seratus juta rupiah, serta menyerahkan seorang gadis yang masih perawan untuknya. Arsya dan Rifai tega menculik Ratna untuk dikorbankan kepada Raja Langit. Belum lagi Desa Kumayan tengah kisruh diprovokasi oleh Ki Rotan, musuh para inye’. Para manusia harimau menduga bahwa Raja Langit-lah dalang dibalik kekisruhan tersebut, termasuk orang yang telah menodai Ratna. Lalu para manusia harimau bermaksud mengadili Raja Langit di Bukit Kumayan. Sial pertarungan pun tak dapat dielakkan. Raja Langit terjatuh ke jurang, namun berhasil diselamatkan oleh Puyang Tunggal. Datuk Tunggal segera mencabut ilmu yang dimiliki Raja Langit guna menyadarkannya dari kesombongannya. Setelah beberapa kejadian yang dialaminya, dalam keadaan lemah tak berdaya akhirnya Raja Langit sadar dan berubah menjadi orang baik.
Biodata  Aamar Zoni
Nama : Muhammad Amar Alruvi
Tempat, tanggal lahir : Depok, 8 Juni 1993
Agama : Islam
Akun twitter : AmmarZoni

6. Datuk Abu

image

Diperankan oleh Sigit Hardadi, salah satu aktor kawakan Indonesia. Nama Datuk Abu dalam  versi novelnya adalah Ki Putih Kelabu. Beliau adalah ayah Pitaloka. Pembawaannya tenang, kalem, penyabar, tegas, berwibawa. Sebenarnya sejak kedatangan Gumara di Desa Kumayan, Datuk Abu berharap Gumara akan menjadi menantunya karena Pitaloka telah jatuh cinta kepada gurunya sendiri itu. Awalnya Datuk Abu mendatangi Gumara secara baik-baik guna memintanya untuk menjadi menantu, namun Gumara menolak permintaannya secara halus. Lantas Datuk Abu menjadi berang atas penolakan Gumara tersebut. Datuk Abu langsung menjelma menjadi harimau dan menyerang Gumara. Mau tidak mau Gumara yang sebenarnya bermaksud menutupi jati dirinya secara terpaksa menangkis setiap serangan Datuk Abu dengan menjelma menjadi harimau putih raksasa. Di saat itulah Datuk Abu langsung tahu kalau Gumara adalah harimau ketujuh yang telah lama dinanti-nantikan kehadirannya oleh seluruh inye’ di Kumayan. Diceritakan pula Datuk Abu memiliki seorang istri bernama Puspa yang berasal dari Desa Saga, desa yang hanya dihuni kaum wanita dan berada di bawah tanah. Sayangnya Puspa terpaksa meninggalkannya bersama Pitaloka karena harus mengabdikan diri kepada Ratu Saga.

Suatu hari Pitaloka diminta Ratu Saga untuk tinggal di Desa Saga karena Pitaloka adalah keturunan wanita Saga, dan usia Pitaloka telah mencapai 17 tahun. Pitaloka pun terjebak tak bisa kembali ke Kumayan. Demi menyelamatkan Pitaloka, Datuk Abu berusaha mencari Pitaloka untuk membawanya pulang. Sayang di tengah perjalanan Datuk Abu yang sedang kehilangan kekuatannya karena terserap oleh Raja Langit, jatuh ke dalam sebuah lubang. Belum lagi Ratu Hangcinda yang jahat mengirimkan 2 ekor ular kobra untuk mematuknya. Lantas setelah Datuk Abu pingsan, Ratu Hangcinda sengaja mencuci otaknya guna menjadikannya kaki tangannya. Bersyukur setelah Gumara berhasil mengembalikan ilmu para inye’ yang terserap oleh Raja Langit, Datuk Abu masih dapat dipulihkan ingatannya berkat usaha Semidang Rindu, anak dari Hangcinda.

Biodata Sigit Hardadi
Nama : Sigit Hardadi
Tempat, tanggal lahir : Tayu, 27 September 1957

7. Limbubu

image

Inye paling lemah ini sebenarnya memiliki kelebihan kecepatan dalam berlari. Sayangnya Limbubu sering merasa minder karena termasuk inye’ paling miskin dan kurang dapat diandalkan oleh warga Kumayan. Bahkan lucunya Limbubu juga adalah inye’ yang penakut karena ilmunya belum terlalu tinggi. Pemeran inye’ satu ini adalah Juan Christian. Awalnya saat casting peran ini akan diberikan kepada Glen Aliensky namun karena suatu hal, Glen mengundurkan diri dari film ini. Limbubu sempat bersekongkol dengan Raja Langit guna mencuri Kitab Tujuh yang dimiliki Gumara. Namun persahabatannya dengan Raja Langit bisa berakhir begitu saja bila Limbubu gelap oleh uang. Pernah suatu ketika Limbubu tidak sengaja menemukan uang milik Arsya yang tertinggal di jalan. Padahal uang itu akan diserahkan oleh Arsya kepada Raja Langit sebagai persyaratan untuknya berguru kepada Raja Langit. Lantas dengan uang itu Limbubu enggan bekerja sama lagi dengan Raja Langit.

Biodata Juan Christian
Nama : Juan Christian Benedict
Tempat, tanggal lahir : 25 Desember 1993
Agama : Islam (mualaf)
Akun twitter : juanbenedict

8. Pitaloka

image

Murid pintar kebanggaan Desa Kumayan dan SMA Kayu Lima ini karakternya keras hati, pencemburu, dan berkemauan kuat. Sejak pertemuannya dengan Gumara, Pitaloka sudah jatuh cinta kepada sang guru. Pitaloka rela bersaing dengan Karina dan meninggalkan Kumayan demi mendapatkan ilmu kebatinan dan juga ilmu bela diri selayaknya para inye’ guna menandingi kemampuan Karina yang dianggap rival beratnya. Konon menurut keyakinan Tudung Merah, Pitaloka bisa menghancurkan Desa Saga. Karena Pitaloka adalah keturunan seorang inye’, Datuk Abu. Oleh karena itu Pitaloka harus dibinasakan karena bisa membinasakan penduduk Desa Saga. Ironisnya Ratu Saga tidak pernah berhasil membuktikan kalau Pitaloka adalah keturunan seorang inye’.

Biodata Ochi Rosdiana
Nama : Neneng Rosediana
Tempat, tanggal lahir : Depok, 24 Januari 1999
Agama : Islam
Akun twitter : _

9. Karina

image

Sosok gadis berperawakan jangkung kurus ini adalah anak Datuk Lebai Karat. Sifatnya sedikit manja kepada ayahnya, keras kepala, dan sedikit-banyak seperti Pitaloka. Tak heran bila Karina sering terlibat pertarungan dengan Pitaloka hanya demi mendapatkan cinta Gumara. Tanpa diketahuinya kalau sebenarnya Gumara adalah kakak seayah dengannya. Di saat Pitaloka pergi meninggalkan Kumayan untuk berguru mencari ilmu kesaktian, Karina turut berguru langsung kepada Datuk Tunggal, guru ayahnya sendiri. Gara-gara diculik oleh Tudung Merah pendekar wanita dari Desa Saga yang takut kalau Desa Saga akan hancur oleh para gadis keturunan inye’, Karina sempat dikubur hidup-hidup oleh Tudung Merah dan mengalami mati suri. Agar ia dapat hidup kembali Datuk Lebai Karat harus meminta pertolongan kepada Puyang Maut, adik dari Ratu Hangcinda. Celakanya Gumara malah membunuh Puyang Maut dan arwah Puyang Maut berhasil merasuki tubuh Karina sehingga semua orang mengira kalau Karina telah sembuh. Hanya Gumara dan Raja Langit yang menyadari kalau di dalam tubuh Karina terdapat roh Puyang Maut, sebab kelakuan Karina berubah drastis tidak seperti biasanya. Karina menjadi sangat kasar kepada semua orang. Padahal sebenarnya ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan Karina, yaitu dengan mendapatkan kunang-kunang ajaib di tepi hutan.

Biodata Syahnaz Shadiqah
Nama : Syahnaz Shadiqah
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 30 Oktober 1993
Agama : Islam
Akun twitter : RealSyahnazS

10. Arsya

image

Siapa sangka kalau yang memerankan tokoh Arsya dalam sinetron ini adalah Leon Dozan, putra dari Willy Dozan dan Betharia Sonata. Awalnya diceritakan kalau Arsya sangat mencintai Pitaloka dan membenci Gumara karena telah mencuri perhatian Pitaloka darinya. Hingga suatu ketika Pitaloka yang menolak cintanya mengatainya dengan perkataan kasar dan meludahinya, Arsya sakit hati dan mendatangi Raja Langit. Arsya memohon kepadanya untuk mengirimkan teluh kepada Pitaloka. Kenakalan Arsya semakin menjadi, ia mencuri uang ayahnya guna membayar biaya ritual magis yang telah dilakukan Raja Langit untuknya. Arsya juga mencuri uang seratus juta rupiah hasil panen kopi warga Kumayan yang disimpan ayahnya selaku bendahara koperasi. Uang itu dipakainya untuk membayar Raja Langit yang bersedia mengajarinya ilmu inye’. Meskipun Arsya tidak tahu kalau ia sedang dikelabui oleh Raja Langit. Tidak hanya itu Arsya bersama Rifai sahabatnya tega menculik Ratna untuk menyerahkan kesuciannya kepada Raja Langit. Sifat Arsya memang tengil dan sok pahlawan. Arsya juga seorang playboy. Ia kerap menggoda Farah, gadis dari Jakarta yang sedang melakukan penelitian mengenai para inye’ di Desa Kumayan. Setelah beberapa kali ditolak Farah, Arsya pun berpaling kepada Semidang Rindu, putri tunggal Ratu Hangcinda yang ingin menjadi warga Kumayan.

Biodata Leon Dozan
Nama : Mohammad Leon Rahman Dozan
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 27 Juli 1997
Agama : Islam
Akun twitter : LeonDozan

11. Ratna

image

Ratna memang cantik, polos, dan lugu. Andung Baya, ibunya, menginginkan Ratna mendekati Gumara agar mereka aman dari berbagai gangguan. Awalnya Ratna memang jatuh cinta kepada Gumara. Namun setelah penculikan terhadap dirinya yang dilakukan Arsya dan Rifai, Ratna menjadi sangat shock. Terlebih setelah Raja Langit mengakui semua perbuatannya. Melihat perubahan drastis yang terjadi pada diri Raja Langit, Ratna pun tersentuh oleh kesungguhan Raja Langit yang bersedia bertanggung jawab kepadanya. Sayangnya Andung Baya tidak pernah merestui mereka berdua karena Raja Langit sangat miskin dan tidak memiliki harta.

Biodata Ranty Maria
Nama : Ranty Maria Aprilly Kariso
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 26 April 1999
Agama : Kristen
Akun twitter : _

12. Ratu Saga

image

Ratu cantik penguasa Desa Saga ini memerintahkan Tudung Merah untuk membinasakan para gadis keturunan inye’. Di luar dugaannya Tudung Merah malah berkhianat dan tak pernah kembali ke Desa Saga. Menurut ramalan para leluhur Desa Saga akan dihancurkan oleh seorang gadis yang sangat cerdas dan keturunan inye’ yang sebenarnya tak lain adalah Pitaloka. Sementara itu ibunda Pitaloka adalah tangan kanan Ratu Saga, yaitu Puspa. Kepada Ratu Saga, Puspa berusaha meyakinkan kalau dia bisa mengajak Pitaloka untuk tinggal menetap bersama mereka di Desa Saga. Ratu Saga tidak pernah berhasil membuktikan kalau Pitaloka memang benar keturunan inye’.

13. Ratu Hangcinda

image

Oh “Merapi dan laut!” Tokoh antagonis yang diperankan oleh Meriam Belina ini adalah ratu siluman penunggu pegunungan Bukit Barisan. Dia menginginkan kecantikan awet muda dengan cara menculik para gadis di setiap desa dan menghisap kecantikan mereka sehingga akhirnya para gadis tersebut akan berubah menjadi tua. Semua siluman tunduk kepadanya. Setiap tahun ia mengundang para ratu dari berbagai gunung untuk bertanding kecantikan, dan ia selalu kalah. Oh, merapi dan laut! Dia juga kerap mengundang para ratu siluman untuk melakukan konspirasi agar mereka berhasil mendapatkan tulang sengkang yang dimiliki Gumara sebagai manusia harimau ketujuh. Konon dengan tulang sengkang itu para siluman bisa mendapatkan kehidupan abadi, kekuatan yang tangguh dan tak terkalahkan, serta kecantikan yang takkan pernah luntur dimakan usia. Ki Rotan, Panglima Artaya, Tudung Merah, Puyang Maut, Masumay, Ratu Kala dan para pengikutnya turut bersekongkol dengan Ratu Hangcinda untuk menghancurkan para inye’ dan Desa Kumayan.
Gumara sendiri mendapatkan tulang sengkang itu saat ia mengalami mati suri setelah dibunuh oleh sekelompok orang saat Gumara masih berkuliah di Jakarta. Para leluhur inye’ sengaja membenamkan tujuh tulang sengkang ke dalam tubuh Gumara dengan cara operasi ghaib agar Gumara dapat bertahan hidup dan membantu para inye’ lain di Desa Kumayan menyelamatkan para warga Kumayan dari gangguan para siluman di bawah pimpinan Ratu Hangcinda.

Biodata Meriam Bellina
Nama : Ellisa Meriam Bellina Maria Bamboe
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 10 April 1965
Agama : Katolik
Akun twitter : _

14. Semidang Rindu

image

Sukses dengan perannya sebagai Karin alias Hello Kitty dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri, Cut Meyriska memperpanjang kontraknya dengan SinemArt dengan turut bermain dalam sinetron laga ini. Tak ayal, iapun kembali mendapat peran antagonis di sini. Semidang Rindu adalah putri tunggal Ratu Hangcinda yang kembali dari perantauannya karena frustasi dikhianati kekasihnya. Awalnya ia bermaksud membantu ibunya yang licik untuk menghancurkan Desa Kumayan. Namun ia malah jatuh cinta kepada Gumara dan memohon kepada ibunya agar ia diperkenankan menjadi manusia biasa seutuhnya, serta tinggal di Desa Kumayan. Para inye’ dapat mencium kalau ia adalah seorang siluman namun mereka tidak tahu kalau Semidang Rindu adalah keturunan Hangcinda. Hanya karena berhasil memulihkan ingatan Datuk Abu, Semidang Rindu berhasil diterima oleh para inye’ untuk menjadi bagian dari warga Kumayan. Tak ada yang tahu kalau Semidang Rindu memiliki niat lain yang mungkin akan membantu memudahkan usaha ibunya untuk menghancurkan Kumayan.

Biodata Cut Meyriska
Nama : Cut Ratu Meyriska
Tempat, tanggal lahir : Medan, 26 Mei 1993
Agama : Islam
Akun twitter : _

Berikut adalah daftar nama tokoh 7 Manusia Harimau versi novel dan sinetron
No. nama  dalam sinetron   nama dalam novel     nama pemeran
1   Gumara Peto Alam       Gumara Peto Alam   Samuel Zylgwyn
2  Datuk Lebai Karat         Datuk Lebai Karat    Adjie Pangestu
3  Datuk Tunggal                Datuk Tunggal          Willy Dozan
4  Humbalang                      Ki Hum Belang          Boy Hamzah
5  Raja Langit                      Ki Lading Ganda       Aamar Zony
6  Datuk Abu                       Datuk Putih Kelabu  Sigit Hardadi
7  Limbubu                          Ki Limbubu                Juan Christian
8  Karina                              Harwati                      Syahnaz Shadiqah
9  Pitaloka                            Pita Loka                   Ochi Rosdiana
10 Arsya                              Hura Gatali                Leon Dozan

Sebenarnya masih banyak tokoh lain yang ingin kubahas seperti karakter Pak Yunus, Badrul, Bujang, Pak Tarikh, Ki Rotan, Tudung Merah, Lollita, Farah, Meydi, Rifai, dan lain-lain. Semoga ada kesempatan di lain waktu buat aku menulisnya. Apabila terdapat kesalahan mohon koreksinya ya pembaca. Terima kasih telah berkunjung ke blogku ^_^

Advertisements

About Sugih

I'm just an ordinary people

89 responses to “Mengenal Karakter ‘7 Manusia Harimau’ Lebih Dekat

  1. Derry Hermawan ⋅

    Hot from the oven. Detail Tuan Guru 🙂
    Saya tunggu karakter yang lainnya ya!

  2. Oke nantikan kelanjutannya ya Mas Bro 🙂

  3. Beny ⋅

    Go ahead! Ane minta profilnya Farah sama Tudung Merah. Tulisannya Top bgt! Jempol buat penulisnya.

  4. Pingback: Mengenal Karakter ‘7 Manusia Harimau’ Lebih Dekat #2 | SUGIH forever

  5. Michael ⋅

    Bagus ulasannya. Aku juga dah baca sambungannya. Mending nonton langsung daripada baca novelnya. Dah beda banget ceritanya. Tapi gpp sih sekedar nambah wawasan soal budaya Bengkulu.

  6. Inayah ⋅

    Inayah nggak suka sama Putri Semidang Rindu.. Kenapa sich si Helo Kitty nongol di sini? Pake jatuh cinta sama Pak Gumara lagi. Inayah jadi sebel.

  7. Dony ⋅

    Leon Dozan didongkrak bapaknya!!! Karakternya sbg Arsya bener2 nyebelin dan sok tahu!!!

  8. murni ⋅

    karena ketinggalan nontonnya (emang ngak suka sinetron sih ) jadi ngak ngerti deh ceritanya, untungnya ketemu tulisan yg keren ini, dua jempol deh mas 🙂

  9. Furry ⋅

    Asyik tulisan kamu asyik deh pokoknya. Kalo ada tokoh-tokoh baru tolong diupdate terus ya Gan. Biar kita-kita yg nggak ngerti ceritanya jd pada tahu. Oke?!

  10. Michael ⋅

    Jempol buat yg punya blog selalu update cerita yg bikin mendebarkan ini.

  11. Furry ⋅

    Scenes yang tadi malam bener-bener bikin aku puas! Ki Panca ditembak si Rahman, Hangcinda kalah sama Pitaloka, Panglima Artaya dan konco-konco sekutunya pada keok semua. Tinggal Jelatang sama Atuk Pungkah berhasil dikalahin gak ya? Jadi berdebar-debar nonton kelanjutannya.

  12. Michael ⋅

    Si Arsya sama Meidy ternyata adik-kakak ya? Baru tahu nih klo mereka berdua anaknya Om Willy Dozan.

  13. yana ⋅

    Lebai karatnya bener2 lebai, masa orang udah tua anaknya dua tapi gayanya muda, kan ceritanya kumayan pedalaman, tapi modis abis, potongan rambutnya hahaha

    • Sugih

      Kan anggota kelompok ABG Tua. Haha… 😀

      Tapi jujur, terkadang kalau aku pergi ke salon rambutku sering dipotong ala gaya anak muda. Padahal itu bukan keinginanku lho…

  14. haris ⋅

    Maaf utk bahasan gumara peto alam,utk kitab 7 tulisan yg terdapat didalamnya bukanlah arab gundul tetapi tulisan …dan bhs suku rejang…itu saja koreksinya

    • Sugih

      Terima kasih atas koreksinya. Benar sekali Kitab Tujuh ditulis dalam aksara Rejang. Saya sudah mengeditnya kembali.

      Sebenarnya kitab yang menggunakan huruf Arab gundul itu adalah kitab pemikat sukma milik Datuk Lebay Karat yang pernah diambil oleh Karina secara diam-diam untuk memikat hati Gumara supaya jatuh cinta kepadanya sewaktu Karina belum mengetahui kalau Gumara adalah kakaknya (lihat kembali 7 Manusia Harimau episode-episode awal 4-6)

  15. Audi Blegur ⋅

    Wah tulisan ya keren pak bgt

  16. Ian Selly Septina ⋅

    Tolong buatkan ulasan tentang ki kembar ya!

  17. Guri ⋅

    Saya suka film ini. Alur ceritanya oke dan bikin gak sabar menanti kelanjutannya.

  18. Guri ⋅

    Paling sebal sama Datuk Lebay Karat suka mau menang sendiri.

    • Sugih

      Iya, saya juga kecewa. Padahal Adjie Pangestu itu idola saya sejak kecil. Terutama saat berperan sebagai pak ustadz dalam serial Lorong Waktu bersama Zourast Zordy. Hiks sebal… 😦

  19. Guri ⋅

    Lanjutkan terus Gan! Blognya bagus. Saya suka jadi betah mantengin blog ini.

  20. Eva Nafisyah ⋅

    Mantap.. saya udah beberapa kali berkunjung ke blog ini sejak searching Tujuh Manusia Harimau. Ratu Hangcinda itu ada gak sih di novelnya?

  21. aal

    gumarA itu mempunyai berapa perubahan harimau

  22. aal

    Gumara itu bisa berubah menjadi berapa harimau sih

  23. Ian Selly Septina ⋅

    Sugih,nama asli ratu saga siapa sih?

  24. Ian Selly Septina ⋅

    Berapa umurnya Vivian Alamsyah itu?

  25. Ian Selly Septina ⋅

    Berapa umur vivian alamsyah?jawab yang bener ya!

  26. Ian ⋅

    Ooooo umurnya 35 kirain 40-an

  27. Ian ⋅

    Oia…..di novel ada tokoh tudung merah ga?

  28. Ian ⋅

    Oooo ada ya?

  29. Ian ⋅

    Dia si tu dung merah itu matinya gimana kalo yang diceritakan novel?

    • Sugih

      Gak seru kalau kamu nanya saya. Alangkah lebih baik kalau kamu membaca novelnya dan menyimpulkan sendiri. Karena versinya berbeda dengan di tv!

  30. Ian ⋅

    Di novel ada puyang maut gak?

  31. Ian ⋅

    Aku gak punya novelnya!!!!!!!!!!!

  32. nha T-Ara ⋅

    Kalo yang jaddi kirotan itu siapa sihh

  33. gita ⋅

    ka juan benedict itu islam kak dia itu mualaf

  34. RERE ⋅

    Kang,udah pernah baca novel jilid 2 “gadis sakti” belom,nyarinya dimana muter2 kok gak ada??sampe tak cari ketoko semen jga gak ad.hehehe
    klo tau shre y kang?suwun

    • Sugih

      Gadis Sakti isinya mengenai kepergian Pitaloka meninggalkan Kumayan karena Gumara memilih Karina itu kan?
      Gkgkgk… Mbak, carinya kenapa enggak ke warung sayur? Di sana ada banyak gadis sakti yang siap gebukin preman pasar yang suka nagih uang keamanan 😀

      Sudah cek di ronggolawe.com? Setahu saya Mas Mimin Ganteng selalu menyediakan novel 7MH lengkap di blognya. Semoga dapat ya 🙂

  35. RERE ⋅

    apaan di ronggolawe.com isinya kbanyakan,stress sya nyarinya.
    nulisnya gmna kang?sya cari novel motinggo busye gtu gak ktemu,sya tlis gadis sakti,7 manusia harimau,gak kluar jga,yg kluar mlah kang komar.hehehe

  36. RERE ⋅

    ga ada kang,gadis sakti,murid durhaka,pdang ratu klabang,sma pndekar aneh muka aneh pda unavailable.
    emg sompret dsar,nyari dikebun jengkol ada kali ya??
    patah hati ah
    putus asa sudah.hhheee

    • Sugih

      Oh kudu nyari di Kumayan langsung kalo gitu. Sayangnya semua file yg pernah saya download dari ronggolawe.com terhapus di laptop saya gara-gara laptopnya jatuh. Hiks. Maaf ya nggak bisa bantu apa-apa.

  37. RERE ⋅

    Gek arep nyapo nang kumayan,mending ke singapore nysulin pitaloka yg lgi olimpiade.hhhhaaaa

    sekarang males nnton 7MH,abis nongolnya siluman maning siluman maning.bosen

    apalagi kalo masuk ke kandang macan kumayan(FP nya 7MH mksudnya)
    pusing yg diributin tiap hari itu2 mulu,mending kalo pnting yg diributin(cinta segitiga pitaloka,gumara,rindu).

    mending juga mantengin blog nya kang sugih,kali aja dpet inspirasi apa gitu,siapa tau bisa jadi penulis yg hebat macam kang sugih ni.wkkwwkk

    • Sugih

      Monggo Re, moga dapat inspirasinya ya 🙂
      Saya juga sering gitu, mantengin blog orang. Dari sana saya mendapat inspirasi menulis apa yang ingin saya tulis.

  38. Nia Marianti ⋅

    itu biodata nya ada yang salah deh, limbubu agama nya islam dia mualaf di ralat yah min,dan setau saya datuk abu non muslim tolong yah min kyknya itu kebalik deh , makasih yah info tetang 7MH seruuuuuu binggitttss baca blog nya 🙂

    • Sugih

      Iya mohon maaf atas kekeliruannya. Sebelumnya saya pun mendapat informasinya dari Wikipedia. Tapi sekarang di Wikipedia pun sudah diperbarui informasinya. Saat ini saya belum bisa mengeditnya, berhubung di tempat saya sering mengalami gangguan jaringan akhir-akhir ini. Segera saya edit ulang begitu jaringan internetnya normal. Terima kasih banyak atas kunjungan dan koreksinya 🙂

  39. nini ⋅

    Kalaw kepingin rindu jangan dimusuhin terus…ini pitaloka terus yang di urus jadi males nontonnya…

  40. fathimah ⋅

    yg jadi farah ko ngak masuk daftar pemain 7 mh si…

  41. ramadaniarti ⋅

    Nanti karina jadi dengan siapa min,? Kalau dalam novel maupun film

  42. Makasih utk tulisannya, bikin sy ngerti alur cerita …sblmnya sy nggak ngerti, hehehe …

  43. Anonymous ⋅

    Maaf sbelumnya om sya dri Bengkulu cuma ingin ksih tau kepada sebagian masyarakat bertanya
    Pertanyaannya tersebut adalah emng 7manusia harimau itu darimana ya soalnya saya bingung ada yg ngatain dri sumatera selatan dan ada yg ngatain bengkulu ada juga yg bilang padang, padahal legenda 7 manusia harimau ini kan dari bngkulu dan dan jwabannya adalah emng bnar 7manusia hrimau bisa di ktakan dari sumatera selatan karena dulu Provinsi BENGKULU sbelum membentuk/membuat provinsi sendiri adalah provinsi sumatera selatan jelas bengkulu dulu adalah sumatera selatan dan skarang menjadi Provinsi Bengkulu dan ini yg msalahnya kmi dari Provinsi Bengkulu tidak terima kalo orang PADANG mengaku mengaku sinetron 7manusia harimau dri cerita padang karena udah jelas jelas ini cerita dari Rakyat BENGKULU dan mhon kepada penulis penulis mohon di pertegas untuk menulis hal seperti ini biar tidak ada para-para pengakuan hal tersebut mhon di bikin blog baru agar orng yg ingin tau yg benar dari daerah mana cerita 7Manusia harimau ini biar gak ada yg keliru dengan hal ini.
    Terimah kasih slam dari Rakyat BENGKULU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s