Posted on

My Inspirator : Ricardo Howard

image

Pembaca sudah pada kenal dengan penyiar ganteng satu ini? Pernah melihatnya di layar kaca? Pada tulisanku kali ini aku akan mengajak kalian untuk mengenal sosoknya lebih dekat.

image

Kalteng boleh bangga memiliki putra daerah seperti seorang Donbernado Howard Shenken yang lebih dikenal sebagai Ricardo Howard dan akrab disapa Edo, penyiar Katambung TVRI Kalteng. Pria charming dan rendah hati kelahiran Pendahara, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, 11 Juli 30 tahun silam ini kariernya kian menanjak sejak ia menjuarai beberapa lomba yang diikutinya. Bahkan sekarang Edo sudah punya album (lagu Dayak dan pop) sendiri lho. Dengan kiprahnya itu Edo sekarang sudah merentangkan sayapnya di ranah hiburan nasional. Nama Edo kian bersinar dan lagu-lagu yang dinyanyikannya menjadi top hits di radio-radio Kalimantan Tengah. Nah, simak petikan obrolan super kepo via BBM antara aku dengannya ya… 😀

Hi Bro, boleh tahu sejak kapan kamu jadi penyiar TVRI Kalteng?
Hi juga, aku jadi penyiar TVRI Kalteng sejak 2013, sebelumnya aku udah jadi penyiar radio sejak SMP.
image

Wow, kamu sudah jadi penyiar radio sejak SMP? Amazing! Ngomong-ngomong di stasiun radio mana kamu dulu bersiaran? (Aku juga dulu pernah jadi penyiar lho… #PLAK! Pembaca gak nanya)
Radio Sangalang Perdana Katingan, kemudian oneFm Sampit, dan radio SeruyanFM di Seruyan.

image

Wuih, keren… keren… berarti nama kamu cukup ngetop dong ya? Eh, btw dari penyiar kok sekarang beralih profesi jadi penyanyi?
Sebenarnya enggak alih profesi kok. Kebetulan hobiku sejak kecil memang menyanyi. Tapi baru mulai berani ikutan lomba sejak kelas 1 SMA. Maklum dulu aku orangnya pemalu.

(Pemalu ya? Sama dong! #diketawain semut merah!)

image

Terus pernah ikutan lomba apa aja? (Lomba balap karung pasti pernah kan?)
Aku pengalaman pertama ikut lomba pop bintang radio, Kereng Pangi Katingan 2001, 2002 ikut lomba nyanyi dangdut di kecamatan, juara 3 pop lagu daerah se-Kalteng 2010, kemudian pernah ikut audisi Indonesian Idol di Jakarta 2012, juara 3 lagu keroncong tingkat provinsi Kalteng 2014, juara 2 putra pariwisata Kabupaten Seruyan 2009, dan masih banyak lagi kejuaraan lainnya.

image

image

(Eh serius tuh, pernah audisi Indonesian Idol juga? Triple wow buat Edo   ☆☆☆)

Ngomong-ngomong soal album, berapa jumlah album yang sudah kamu telurkan? (#Telur? Emangnya ayam?)
Aku sekarang sudah punya album bahasa Katingan dan 3 buah pop ciptaan sendiri.

(Mau dong dibikinin lagu sama Edo #www.ngarep.com)

Apa saja judul albummu mas Bro?
Single pop aku judulnya ‘Takkan Kusesali’. Album lagu Dayak pertamaku, ‘Kilau Tjilik Riwut’ bernuansa pop kental dengan piano. Lagu ke-2 NAMUEI (MERANTAU) dalam Master Album Bahasa Katingan ciptaan dan vocal aku sendiri dan pianist Zefanya Wahyudianto. Nuansa Pop dan piano tetap kental.

Bicara soal hobi, kegiatan apa yang kamu gemari? (Kamu gak suka ngupil sembarangan, kan? #hihihi… penulis iseng) 
Hobiku membaca karya sastra. Buku favoritku adalah karya Kahlil Gibran. Kadang aku juga suka baca buku tentang politik, budaya dan sosial. Aku juga hobi menulis, dan menyanyi.

image

Kesibukan sehari-hari kamu selain siaran apa saja?
Aku biasa ngemsi (jadi MC) dan nyanyi di cafe, restoran, acara resepsi pernikahan, maupun di gereja.

(Nanti kalo aku nikah, kamu ngemsi dan nyanyi di acara pernikahan aku ya! 🙂  )

Ada suka-duka selama menjadi penyiar di TVRI Kalteng?
Dukanya awalnya dicemooh orang dan diremehin……gaji kecil. Sukanya, belajar improvisasi (automaticly public speaking), banyak kawan, dikenal dan lebih tau kekurangan diri…

Ada pengalaman lucu selain suka-duka menjadi penyiar?
Lucunya, kalau ketemu orang aku dikira berumur 24 tahunan, padahal sekarang umurku 30 tahun.

Kalau diminta mendeskripsikan seperti apa dirimu, menurutmu sosok seorang ‘Ricardo Howard’ itu sebenarnya seperti apa sih?
About Ricardo, aku itu : Melakukan yang terbaik pasti hasilnya terbaik…..hidup harus menjadi BERKAT bagi diri sendiri maupun bagi orang lain…..God Bless us.
Mau Belajar
Mau Berdedikasi
Mau Mengalah jika itu untuk menang
Berusaha jadi teman dan sahabat yang baik…….
“ORANG YANG MENGUASAI PEMIKIRAN AKAN MENGUASAI MASA DEPAN”…………….bertekun dalam doa, kerja keras dalam bekerja…………….

Favorite Quotes :
‘be excelent 4 the best’

Terakhir, ada pesan gak untuk pembaca blogku?
Ada dong, setiap orang dianugerahi kelebihan dan kekurangan, apapun yang menjadi kelebihanmu jadikan itu sebagai acuanmu mewujudkan impianmu………..jangan berhenti untuk belajar dan merendah hati hingga kamu secara tidak sadar bahwa kamu adalah pribadi yang banyak tahu hal tapi tetap rendah hati……

Oke deh, terima kasih banyak ya Edo atas waktu luangnya. Semoga kariermu semakin sukses dan namamu makin melejit di dunia entertainment.

Ricardo Howard
PIN BBM : 280D7EBA
Facebook : Ricardo Howard
Soundclouds : Ricardo Howard 3

Puppy lover
image

So charming
image

Sering disandingkan dengan wanita cantik tiap bersiaran
image

image

Sebelum jadi penyiar TVRI
image

Mengapa Edo menjadi inspirasiku :
1. Dari suka-duka yang dialaminya, Edo mengajarkan kita agar di saat kita dilecehkan, diremehkan, atau dipandang rendah oleh orang lain sudah selayaknya kita menunjukkan nilai potensi diri yang kita miliki bahwa kita tidak pantas untuk diremehkan. Ingatlah harkat, martabat, dan
derajat manusia di mata tuhan itu sama.
2. Pekerja keras. Berbagai job Edo geluti mulai dari penyiar, penyanyi, sampai menjadi MC di berbagai acara. Bukan hal yang mudah untuk membagi waktu dan mendapatkan banyak pekerjaan sekaligus. Di luar sana banyak sekali penduduk Indonesia yang tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan, mereka berjuang namun hanya kesia-siaan yang mereka dapatkan.
3. Meskipun Edo telah berkiprah di kancah blantika musik nasional, dan namanya semakin tenar, Edo
tidak bersikap tinggi hati kepada semua orang. Ia tetap low profile dan down to earth, ramah bersahaja.
4. (Silakan diisi oleh pembaca )

Advertisements

About Sugih

I'm just an ordinary people

6 responses to “My Inspirator : Ricardo Howard

  1. Yulia Anwar ⋅

    Wuih hebat ya, moga makin banyak aja orang Kalimantan yg jd artis. Setahuku orang sana cakep2.

  2. Derry Hermawan ⋅

    Keren. Biasanya penyiar radio punya bakat menyanyi. Semoga semakin ngetop deh.

  3. Beny ⋅

    Ko aku gak pernah dengar ya lagunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s