Posted on

Kemah Besar Kabupaten Sukamara

image

Bulan ini dalam rangka memperingati hari pramuka nasional ke-53 (meskipun sudah 3 bulan berlalu) kembali Kwarcab Sukamara menggelar agenda tahunannya, Kemah Besar Kabupaten Sukamara. Pada tahun ini Kota Sukamara sebagai ibukota kabupaten kembali menjadi tuan rumah acara akbar tersebut. Sayang sekali, pada perkemahan tahun ini aku berhalangan hadir untuk turut meramaikan acaranya, dikarenakan oleh kesibukan dengan pekerjaan. Padahal aku rindu sekali kepada pengurus kwarcab yang sudah menjadi keluarga sendiri bagiku, Kak Mat Saleh, Bunda Mamik, Bunda Julia, Kak Syahlul, Bunda Jaitun, dan pengurus kwarcab lainnya. Sudah lama kami tidak bertemu sejak perkemahan akbar tahun lalu di Desa Ajang Kecamatan Permata Kecubung.

Bersama Bunda Julia

image

Sebagai andalan ranting yang telah mendapatkan sertifikat KML (Kursus Mahir Lanjutan) dan bersiap untuk mengikuti KPD (Kursus Pelatih Dasar) aku sangat bersyukur dan bangga, karena jiwa pramuka yang kumiliki menurun kepada adik-adikku, juga adik-adik sepupuku. Padahal aku tak pernah memaksa mereka untuk turut menggeluti dunia yang sama denganku. Aku hanya sekali mengarahkan kepada mereka manfaat yang dapat mereka peroleh dari pramuka. Hasilnya, mereka sangat antusias dan tertarik dengan semua kegiatan kepanduan walaupun bukan aku yang melatihnya. Adik perempuanku yang sudah menjadi pramugari saja selalu bangga kalau ia adalah seorang anggota pramuka. Katanya, “Berkat pramuka aku mendapatkan banyak pengalaman dan mengantarkanku menjadi seorang pramugari seperti saat ini.” Bahkan untuk perkemahan tahun ini, kehadiranku diwakili oleh adik bungsuku yang baru kelas 5 SD. Adik laki-lakiku ini sangat bersemangat begitu guru-guru di sekolahnya mengikutsertakan dirinya dalam regu unggulan mereka.

Dalam satu dasawarsa ini sejak aku hijrah ke bumi Kalimantan Tengah, aku telah mengikuti lebih dari 30 kali perkemahan, baik di tingkat gugus depan maupun skala kwarcab, kwarda, dan nasional. Keluar-masuk hutan sudah menjadi rutinitasku sehari-hari, sehingga alam sudah menjadi sahabat sejati bagiku.

Beginilah suka dukanya pramuka, perut lapar euy…

image

Banyak sekali kegiatan menarik yang diselenggarakan selama perkemahan. Perlombaan baris-berbaris misalnya, dapat melatih kekompakan regu dan memupuk jiwa kebersamaan. Games yang diberikan pun selalu penuh tantangan mengasah ketangkasan, keberanian, kecepatan, dan daya pikir yang tajam. Lomba kebersihan tenda dapat menyadarkan manusia untuk senantiasa mencintai alam, membersihkan lingkungan, dan disiplin terhadap diri sendiri. Lomba karya seni dapat mengembangkan semangat berkreativitas, menghasilkan daya cipta, dan mewujudkan imajinasi. Masih banyak sekali kegiatan lainnya yang dapat diikuti selama perkemahan berlangsung. Semoga dengan adanya kegiatan perkemahan besar Kabupaten Sukamara, gerakan pramuka kwarcab Sukamara beserta kwartir-kwartir rantingnya semakin maju dan terus berkembang, mencetak tunas bangsa yang berprestasi demi mengharumkan negara, bangsa, dan agama. Amin.

Bersama Kak Farida dan Kak Fery

image

Bersama Kak Soniati, nyaris jadi jodoh hehe…

image

(Foto-foto jadul 2009)

Advertisements

About Sugih

I'm just an ordinary people

3 responses to “Kemah Besar Kabupaten Sukamara

  1. Derry Hermawan ⋅

    Ternyata suka pramuka juga? Salam PRAMUKA!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s