Posted on

Resep Masakan : Ikan Patin Goreng Sambal Nanas

image

Resep Masakan : Ikan Patin Goreng Sambal Nanas

Tadi siang mamaku ngambek, gara-garanya aku pergi belanja tidak membelikan apa-apa untuk mama. Aku pikir mama sudah belanja sendiri apa yang mama perlukan. Lagi pula waktu aku pergi aku sudah berpamitan pada mama kalau aku mau belanja ke warung sayur mau membeli ikan. Rencananya aku mau membeli ikan patin, satu-satunya ikan yang kusuka. Menurutku ikan patin itu ikan terlezat dan tidak menyusahkan saat disantap karena tidak banyak duri seperti kebanyakan ikan lainnya. Kadang suka geli sendiri sih, ternyata tidak hanya sebagian besar orang Dayak di Kalimantan Tengah saja yang berpantangan menyantap ikan patin. Waktu tinggal di Sarawak Malaysia pun, mayoritas penduduk lokal di sana pantangan juga memakan ikan patin. Wah, rugi tuh mereka! Tapi enggak apa-apa deh, lumayan mengurangi saingan penggemar patin! ☺Hë•⌣•hë•⌣•Hë•⌣•hë☺ 

Berhubung mama tidak berpesan apa-apa, enggak salah donk kalau aku pulang tidak membawakan apapun untuk mama selain ikan yang kubeli. “Ma, ikan patinnya digoreng ya!” Kutaruh belanjaanku di dapur. Mamaku ini aneh, dia sama sekali tidak suka ikan patin. Tapi kalau jambal roti, wah kegemarannya banget. Padahal jambal roti itu kan sebenarnya ikan patin yang diasinkan! Lucu kan? Setelah ikan patin kutaruh di dapur, mama menanyakan “Kamu membelikan apa untuk mama?” “Loh, mama kan enggak ada nitip apa-apa,” jawabku. “Ya sudah, urus saja sendiri ikan patinnya!” Balas mama ketus. Loh, ko ngambek ya? Tanpa pikir panjang, ikan patin pun langsung kubawa pergi ke waduk di samping rumah sepupuku. Kebetulan hari ini air waduk sangat jernih, dan mengalir deras.

“Yan, pinjam pisau donk!” Kuhampiri Dian sepupuku yang sedang berkutat membuat kue kacang di dapur.

“Buat apa Bang?” Tanyanya penasaran.

“Membersihkan ikan di waduk. Sekalian donk minta resep masakan ikan patin!” Jawabku sambil mencari-cari pisau di rak piring.

“Abang kan pintar masak, ko malah nanya aku lagi!” Sepupuku itu terus berkutat pada kue buatannya.

“Tapi Abang belum pernah masak ikan patin! Pengennya sih dibakar, tapi enggak punya pemanggangnya,” Sahutku lagi sambil mengasah-asah pisau yang baru kutemukan.

“Ehm, digoreng sambal nanas aja Bang!” Saran sepupuku tanpa menoleh padaku.

“Resepnya?” Tanyaku lagi.

“Nih ya, kukasih tahu…” Dian mulai menjelaskan.

Mau tahu resep masakan yang diberikan sepupuku? Nih, simak ya!

Bumbu :
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 butir kemiri
1 buah terasi udang
10 cabe rawit atau cabe merah
3 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
Vetsin secukupnya
1/2 gelas air bening

Bahan utama :
Ikan patin 2 ekor
Nanas 3 iris
Minyak goreng secukupnya

Cara memasak :
Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabe;
Goreng ikan sampai matang kecoklatan, angkat dan tiriskan;
Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan 1/2 gelas air bening;
Masukan irisan nanas, terasi;
Taburkan gula pasir, garam, dan vetsin tunggu hingga bumbu tumis bergejolak;
Masukkan ikan patin yang telah digoreng ke dalam bumbu yang sedang ditumis;
Aduk ikan hingga bumbu merata dan meresap;
Angkat dan tiriskan!

Ikan patin goreng sambal nanas siap disajikan untuk 4 porsi.

Ehm, sambil masak ikan patin jadi ingat Fatin yang diperankan oleh Yuki Kato dalam  sinetron Fortune Cookies. Kayanya enak nih nonton si Fatin sambil makan ikan patin sore-sore. 

Selamat makan!

Advertisements

About Sugih

I'm just an ordinary people

2 responses to “Resep Masakan : Ikan Patin Goreng Sambal Nanas

  1. Derry Hermawan ⋅

    Hmm kelihatannya enak nih Tuan Guru. 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s