Posted on

Cara Membuat Sambal Mangga

image


Musim mangga telah tiba. Hmm, selain enak dibikin rujak, mangga matang di Kalimantan terutama di Kabupaten Sukamara juga nikmat dibuat menjadi sambal. Apalagi disantap bersama kerupuk basah (gelondongan kerupuk yang baru direbus atau bisa juga digoreng, berwarna pink agak merah, agak mirip dengan pempek khas Palembang), wuuiih benar-benar menggugah selera deh! Dijamin jika anda sedang melaksanakan program diet, liur anda akan menetes setelah melihat sambal mangga di depan anda dan tanpa pikir panjang untuk melanjutkan program diet anda. Hohoho… Sok tahu banget saya ya…

Baiklah mungkin sebagian dari anda sudah penasaran bagaimana sih cara membuat sambal mangga yang saya maksud itu? Caranya sangat mudah dan sederhana. Siapapun bisa membuatnya, so let's check this one out!

image

🙂

Bahan :
1. Satu buah mangga harum manis matang (bisa juga mangga jenis lain seperti mangga manalagi, mangga gedong, mangga apel, mangga udang, yang rasanya manis);
2. Tujuh cabe rawit (tergantung selera tingkat kepedasan, semakin banyak semakin pedas);
3. Satu sdt garam;
4. Satu gelondong gula jawa;
5. Tiga siung bawang putih;
6. Satu buah terasi;

Cara membuat :
1. Haluskan cabe rawit bersama bawang putih, terasi, gula jawa, dan garam;
2. Cincang dadu mangga ke dalam sambal yang telah dihaluskan;
3. Aduk mangga bersama sambal sambil sesekali diulek agar sari pati buah mangga melarut ke dalam sambal;
4. Agar sambal mangga semakin beraroma harum, anda dapat menambahkan beberapa lembar daun jeruk. Sambal mangga khas Kalimantan telah siap disajikan.

Paling enak sambal mangga ini disantap bersama nasi putih dan fried eggplant (terung yang dilapisi tepung lalu digoreng). Wow, rasanya benar-benar mantap! (y)

Advertisements

About Sugih

I'm just an ordinary people

26 responses to “Cara Membuat Sambal Mangga

  1. islamabad04 ⋅

    Be Happy,Keep Smiling!

  2. islamabad04 ⋅

    Welcome on my page nice to meet you thanks.

    Be Happy,Keep Smiling!

    I THINK I ,,,?? YOU 1st: YOU ARE AWESOME/span>
    2nd: YOU ARE FANTASTIC

    3rd: YOU ARE MY DEAR FRIEND

  3. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Thank you very much Mr. Baluch for visiting my page :)It's nice to see you. Wow, your gallery is very nice. (y)

  4. islamabad04 ⋅

    Thanks,Good Day!

    …………….

  5. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Beautiful galleries , good afternoon Mr. Baluch 😀 Could you teach me how to make gallery like yours?

  6. islamabad04 ⋅

    This is only use your brain to learn, take steep one with a web of photo & video( in free cost) from google.then engage on comments box take photo links from that web and paste in comments box one by one.the link name you wel search from google is this."Tiny pic-Free Image Hosting,Photo Sharing."

  7. islamabad04 ⋅

    Have a nice day!>

  8. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Thank you very much for your sharing Mr. Baluch, I'm gonna try it 😎

  9. islamabad04 ⋅

    That is Easy,If you can't get then inform me.
    Just click on at [http://tinypic.com/] ,then push on Browse (Take photo from folder) then click on Upload Now,You well see you photo then take Link from first box for opera & last box for FaceBook.others you can read on it. If you want large picter then click on that picher from this page they well take you to 2nd page then you see the large photo this photo for Tagged or Enails you can use by High light from your mouse.I hope me is clear now.By happy.Take easy.




    Have a nice day!

  10. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    We must register first before uploading the photo?

  11. islamabad04 ⋅

    '

    Max nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reachedMax nested elements reached

  12. grosirbatik ⋅

    gak kuat sama sambal mangga gan. perpaduan asam dan pedas bikin sakit perut 😀

  13. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Terima kasih Grosir Batik telah berkunjung ke ruangan saya :)Sambal mangga memang sedang musim di tempat saya.. Rasanya wow… Bikin ketagihan 😀 Dan ini kerupuk basah khas Kabupaten Sukamara.. Uhm.. Yummy 😀

  14. grosirbatik ⋅

    seriuuss….. gambar-gambar diatas bikin laper :Ditu yang kerupuk basah seperti apa ya? saya baru tau:rolleyes:

  15. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Kerupuk basah itu sebenarnya adalah gelondongan pempek Palembang. Rasanya kurang lebih seperti pempek. Rasa ikan belida. Ayo mas dicoba dulu 🙂

  16. grosirbatik ⋅

    ow iya. silahkan mampir ke blog saya juga ya kang 😀

  17. grosirbatik ⋅

    ooh begitu. harus dicoba nih kalo mampir ke palembang 😀

  18. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Maaf mas salah paham, saya bukan tinggal di Palembang, saya tinggal di Sukamara, Kalimantan Tengah. Kerupuk basah rasanya seperti pempek palembang, begitu maksud saya 🙂

  19. grosirbatik ⋅

    oooh begitu. berarti kalau ke sukamara siap menikmati kerupuk basah 😀

  20. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Oke kapan saja silakan, masyarakat Sukamara selalu terbuka bagi siapa saja 🙂

  21. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Oke kapan saja silakan, masyarakat Sukamara selalu terbuka bagi siapa saja 🙂

  22. grosirbatik ⋅

    siaaaapp 😀

  23. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    saya sudah memenuhi undangan gan 🙂

  24. grosirbatik ⋅

    terimakasih gan :)blog saya talk about batik sajalah 😀

  25. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Halaman khusus ya 🙂

  26. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Halaman khusus ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s