Posted on

Mengenang Masa Kecil Tahun 1990-an : Film Pasukan Turbo


Lagi asyik membenahi buku di rak, tanpa sengaja aku menemukan buku catatan masa kecilku. Wow, ini kan buku yang berisi catatan-catatan ulasan (review) film yang pernah aku tonton semasa kecil. Wah, ternyata sejak kecil aku sudah berbakat menjadi reviewer, haha.. Lantas pikiranku mulai melayang-layang membayangkan masa kecil nih. Dulu aku suka banget menonton film jagoan ini : PASUKAN TURBO. Mengisahkan tentang 5 remaja (4 laki-laki, dan 1 perempuan) SMA yang bernama Riki, Daichi, Sunsuke, Yohe, dan Harunai. Mereka terpilih untuk menjadi pahlawan pelindung bumi dari kejahatan Boma. Berkat bantuan seorang peri kecil yang cantik bernama Peri Shiron, kelima remaja itu dapat berubah wujud menjadi Pasukan Turbo untuk menjaga perdamaian di bumi. Riki menjadi turbo merah, Daichi turbo hitam, Sunsuke turbo kuning, Yohe turbo biru, sedangkan Harunai turbo pink. Anak buah Boma yang kerap muncul membuat ulah adalah Zuruteng si monster gemuk yang suka membawa kendi seperti buah labu siam dan Scorpina wanita cantik siluman kalajengking.

Setiap kali monster yang diciptakan oleh Boma berhasil dikalahkan oleh Pasukan Turbo, maka Zuruteng akan membuka tutup kendinya, dan dari dalam kendi akan mengeluarkan asap. Tak lama kemudian si monster yang sudah kalah tak tahu mengapa selalu hidup kembali dan berubah ukuran menjadi raksasa. Agar Pasukan Turbo dapat melawannya mereka memanggil mobil robot mereka masing-masing. Ada truk, sedan, estrada, bahkan mobil yang bisa terbang juga. Yah, pokoknya enggak jauh beda dengan konsep Power Ranger-lah. Bedanya dengan robot Power Ranger, robot Power Ranger berbentuk hewan purba seperti tyrannosaur, dinosaur, tryceratops, tirex, dll. Pasti sudah bisa ditebak dong, kelima robot mereka dapat bergabung menjadi satu, menjadi robot raksasa yang super keren. Lalu akhirnya si monster jahat pun dapat dimusnahkan.

Hal yang membuatku terpana menyaksikan film ini adalah para pemerannya berwajah ganteng dan cantik. Dulu aku sangat mengidolakan Riki si turbo merah, dan Yohe si turbo biru. Terus pernah terpikir juga olehku, (mungkin saking polosnya pikiran anak kecil kali ya) waktu itu aku bertanya kepada diriku sendiri, kenapa sih para tokoh jagoan di tv selalu memiliki paras yang ganteng? Mulai dari Kotaro Minami si Ksatria Baja Hitam, Jason si ranger merah dalam Power Ranger, Ryu si zet merah dalam Zetman (And kalau diperhatikan lagi, yang namanya jagoan berkostum warna merah selalu memiliki paras paling ganteng), Winspector, Ninja Ranger, Dai Ranger, Zet Ranger, Jiban, para jagoan Liveman, Flashman, Jiraiya, Maskman, Metaldar, VR Troopers, dll. Jadi kalau aku mau menjadi seorang jagoan seperti mereka, aku harus berwajah ganteng dulu kali ya? Haha… Lucu kan? Namanya juga anak-anak. Terus, setiap kali bermain jahat-jahatan dengan teman-teman di sekolah atau tetangga di RT-ku, kami selalu memerankan para jagoan yang paling kami kagumi. Pokoknya enggak ada yang mau mengalah menjadi pemeran jahat deh. Masa jagoan lawan jagoan? Seharusnya judul permainannya diganti saja menjadi Jago-jagoan! Hahay… 😀

Nah, kalau aku ikut main pasti aku lebih suka berperan sebagai Riki si turbo merah atau Kotaro Minami si Ksatria Baja Hitam.
Kadang-kadang kalau di sekolah lagi tidak ada guru yang mengajar, aku dan teman-teman sekelas pasti asyik mereview tayangan film jagoan yang sudah kami tonton pada hari sebelumnya. Dan kalau ulasannya sudah habis, bingung mau ngapain lagi, biasanya kami akan bernyanyi bersama-sama menyanyikan theme song film sang jagoan. Nah, kalau di antara agan-agan ada yang ingin mengenang lagu pembuka Film Pasukan Turbo ini, yuk kita nyanyi sama-sama 🙂

Pasukan Turbo (opening soundtrack)

Turbo… Turbo…

Saya dilahirkan ke dalam dunia ini
Telah diberi kekuatan tuk slamatkan dunia
Saya telah dilahirkan menciptakan kedamaian
Karna saya suka kedamaian

Marilah kawan-kawan kita menjaga
Kedamaian dengan kekuatan yang ada pada kita
Ayolah bersatu…

Kita berlima menjadi satu
Ciptakan kedamaian dan keadilan di dunia
Kita berlima menjadi satu
Ciptakan kedamaian dan keadilan,
Di bumi ini….

Pasukan cepat pasukan turbo…..

Advertisements

About Sugih

I'm just an ordinary people

10 responses to “Mengenang Masa Kecil Tahun 1990-an : Film Pasukan Turbo

  1. anonymous ⋅

    Anonymous writes:bergabunglah di grup "gerakan fans tokusatsu agar di tayangkan di tv indonesia(facebook.com)"

  2. HidingPrinceOfBorneo ⋅

    Wah keren-keren mau dong gabung^^

  3. Derry Hermawan ⋅

    Aku suka banget sama yg jadi Haruna si turbo pink. Haha… heran ya kenapa dulu banyak banget anak Indonesia yg suka film ini. Secara kan fiktif banget.

  4. Smoga aja ada tv yg mau menayangkan lgi film tokusatsu/super sentai thn 90 an… pngen nonton lgi soalx

    • Sugih

      Amin yarabbal alamin. Terkadang film anak-anak zaman dulu ditayangkan ulang di channel Spacetoon. Terakhir saya melihat film Ksatria Baja Hitam pernah ditayangkan di sana.
      Oh ya, RCTI juga sering menayangkan Kamen Rider kan?

  5. Narni ⋅

    😦 sampai sekarang aq masih suka nonton film2 zaaman dulu di Youtue.. Cm film nya Pasukan turba tidak ada ya di youtube. kangen

  6. Paryono

    sampe sekarang ane masih suka juga nonton tu film

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s